Tanaman Hias Ini Mampu Menangkal Santet


Pertanianku — Masyarakat Indonesia masih banyak yang percaya terhadap hal-hal gaib dan mistis. Kepercayaan terhadap dunia mistis masih sangat melekat. Mereka percaya akan kemampuan santet untuk mencelakai seseorang. Tahukah Anda, ternyata banyak juga yang percaya bahwa tanaman hias mampu menangkal santet.

tanaman hias
Foto: Shutterstock

Ada beberapa santet yang sering digunakan. Pertama, santet yang tidak terlihat yakni melalui kejiwaan seseorang. Kedua, santet yang terlihat, berupa luka pada anggota tubuh sampai membuat cacat tubuh.  Kira-kira tanaman apa saja ya? Yuk, simak uraiannya!

  1. Bunga mawar

Bunga yang dijuluki lambang cinta ini memiliki batang yang penuh duri dan mempunyai kekuatan yang mampu menyerap hawa-hawa negatif, termasuk menangkal serangan santet. Hawa negatif yang berhasil diserapnya akan langsung dibuang ke dalam tanah dan kembali ke tanah.

Sarannya, jangan menanam mawar di depan rumah. Ini karena hawa negatif yang sudah dimasukkan ke tanah, akan terlangkahi kita sebagai penghuni rumah. Dan bila ini terjadi, penghuni rumah akan mendapatkan musibah kiriman orang lain.

  1. Bunga kaktus

Tanaman yang kebanyakan tumbuh di daerah pegunungan kering ini memiliki kekuatan yang sama seperti bunga mawar, mampu menangkal santet dan hawa-hawa negatif lain. Namun kekuatan ini hanya bisa keluar bila Anda menanamnya atau menaruhnya di luar rumah, seperti di belakang, di depan, atau di samping rumah.

Jika Anda meletakkan di dalam rumah, tak akan berguna. Bahkan, sebagian orang percaya, akan menolak datangnya rezeki ke rumah.

  1. Bunga kemuning jawa

Di Indonesia, tepatnya di Pulau Jawa disebut dengan bunga kemuning jawa. Tanaman bernama ilmiah Murraya paniculata ini juga dipercaya mampu menolak kekuatan black magic atau ilmu hitam.

Di sisi lain, di dunia obat tradisional atau obat kampung, tanaman bunga ini dapat mengobati beberapa penyakit. Bisul, rematik, memar, sakit gigi, radang buah zakar, infeksi saluran kencing, dan beberapa penyakit lainnya dapat disembuhkan dengan ramuan dari bunga kemuning jawa.

  1. Cocor bebek
Baca Juga:  Faktor Pendukung Media Tanam Sukulen yang Baik

Anda pasti kenal dengan bunga yang satu ini, cocor bebek. Tanam bernama Latin Kalanchoe pinnata ini memiliki kekuatan hampir sama dengan tanaman jambu dersono, mampu mendinginkan tanah yang panas.

Di beberapa daerah di Indonesia, cocor bebek biasanya digunakan sebagai obat. Sakit kepala, batuk, sakit dada, borok, demam, luka, dan bisul mampu disembuhkan dengan cocor bebek. Selain itu, cocor bebek mampu memperlancar haid pada wanita.

  1. Bambu kuning

Pohon bambu ini biasanya dijadikan orang sebagai pagar. Selain memiliki daun yang hijau mengilat dan warna batang yang kuning serta ruas yang hampir sejajar, bambu ini juga memiliki aura yang dipercaya mampu menolak maling atau pencuri. Selain disebut dengan bambu kuning, tanaman ini juga memiliki nama ilmiah Bambusa vulgaris.