Tanaman Hias Mini untuk Meja Kerja Pengusir Galau


Pertanianku — Beberapa orang menaruh tanaman hias mini sebagai properti yang diletakkan di atas meja kerjanya. Alasannya karena meja kantor memerlukan dekorasi atau hiasan untuk mengurangi rasa penat. Disamping itu, tanaman hias juga dipercaya bisa menambah semangat bekerja.

tanaman hias mini
Foto: Shutterstock

Nah, sebenarnya ada banyak jenis tanaman hias mini yang bisa ditanam di pot dan bisa hidup dalam ruangan. Berikut ini beberapa ide tanaman hias mini untuk dekorasi meja kantor Anda.

  1. Bunga peace lily

Bunga putih bersih yang mirip kuncup tulip ini tumbuh tegap dengan daunnya yang hijau pekat. Tanaman hias ini paling ideal untuk diletakkan di pinggir jendela karena sifatnya yang membangun mood baik dan memberikan sentuhan lembut yang nyaman. Meletakkannya di meja kerja membuat Anda dapat bekerja dengan tenang dan damai.

  1. Tanaman heart philodendron

Tanaman ini memiliki bentuk daun yang sama seperti daun sirih, berbentuk hati dengan pertumbuhan yang merambat. Tanaman ini membuat Anda tidak mudah jenuh dan juga berfungsi sebagai obat pengusir stres. Anda bisa menanamnya hanya dengan mencelupkan batangnya di vas kaca berisi air.

  1. Bunga garbera daisy

Kecantikan bunga daisy yang berwarna-warni cocok untuk Anda yang tidak betah di kantor berlama-lama. Perawatannya mudah, cukup potong bagian batangnya lalu celupkan ke dalam vas berisi air. Namun, bunga ini perlu mendapat sinar matahari langsung secara berkala. Jadi, Anda harus pintar-pintar merawatnya.

  1. Spider plant

Tanaman ini punya daya serap yang tinggi terhadap racun-racun di udara hingga 90 persen dalam waktu 2 hari. Tekstur daunnya yang tidak terlalu keras yang sudah panjang akan terjatuh lemas dan terjuntai ke bawah sehingga mirip kaki laba-laba.

  1. Tanaman kaktus
Baca Juga:  Tanaman Hias Ini Mampu Menangkal Santet

Kaktus dengan macam-macam bentuk yang ditanam di pot kecil akan terlihat begitu mungil dan menggemaskan. Selain membersihkan udara, kaktus juga akan memperbaiki mood supaya lebih stabil. Jangan terlalu sering disiram dan jangan terlalu banyak kena sinar matahari juga agar kaktus awet dan tidak cepat busuk.

  1. Aglaonema atau sri rejeki

Tanaman ini tumbuh tegak dengan daun lebar yang kini sudah memiliki beragam varian. Tanaman ini juga bisa tahan dalam ruangan ber-AC. Fungsinya tidak main-main, mampu menyerap benzena dan formaldehida yang membandel di udara.

  1. Anggrek

Bunga anggrek biasa hidup pada tempat-tempat yang memiliki ketersediaan air yang rendah. Oleh karena itu, tak perlu khawatir untuk memeliharanya di dalam ruangan, terlebih di meja kantor Anda. Menanamnya bisa dilakukan dengan berbagai media, tetapi harus diperhatikan pemeliharaannya supaya tetap segar dan tidak layu.

  1. Lidah buaya

Selain bermanfaat untuk kesuburan rambut, lidah buaya juga bisa digunakan untuk dekorasi ruangan. Kemampuannya menyerap zat kimia yang berbahaya membuat lidah buaya ini mampu memberikan kesejukan dan kesegaran ruangan.

  1. Bambu mini

Tanaman bambu hias yang berasal dari Cina dan Jepang ini memiliki tekstur yang lembut dan lurus. Cara penanamannya mudah. Bambu mini ini dapat bertahan dengan hanya dicelupkan di dalam air. Yang penting Anda sering mengganti airnya saja agar tidak kotor.

  1. Pakis boston

Tanaman ini pada dasarnya menyukai tempat yang lembap. Namun, kemampuannya menyerap air menjadikan pakis boston menyegarkan ruangan.