Tanaman Hias Nephrolepis Exaltata L. Penghasil Udara Segar Bebas Polutan

PertaniankuNephrolepis exaltata L. Schott merupakan tanaman pakis yang bisa tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Ada yang berasal dari famili Lomaiopsidaceae, Davalliaceae atau Oleandraceae, atau Nephrolepidaceae. Pakis ini merupakan salah satu pakis hias yang paling populer di antara ketiga pakis lainnya, yakni N. exaltata, N. hirsutula, dan N.cordifolia.

Nephrolepis exaltata L.
foto: pixabay

Di Asia Tenggara, tanaman pakis ini sering dibudidayakan sebagai tanaman hias dan Anda bisa mendapatinya di pasar-pasar lokal. Sebenarnya, tanaman pakis ini cukup mudah dibudidayakan karena tingkat adaptasi yang tinggi di berbagai macam habitat. Pakis diperbanyak secara in vitro. Namun, perkembangan pakis Nephrolepis exaltata L. terbilang cukup lambat.

Pakis ini bisa menambahkan kesan rimbun dan sejuk pada rumah Anda. Selain itu, N. exaltata juga berguna untuk menjaga tingkat kelembapan udara di sekitar pertanaman kelapa sawit.

Tanaman pakis ini berbentuk perdu dan tidak terlalu banyak menimbulkan kerugian atau bersifat sebagai parasit sehingga keberadaannya sering dipertahankan oleh petani kelapa sawit.

Pakis N.exaltata merupakan salah satu komponen dalam pembuatan buket bunga atau rangkaian bunga segar yang biasanya digunakan sebagai dekorasi atau bunga meja. Anda bisa menemukan tanaman hias ini di lobi hotel, restoran, atau acara-acara yang bertema nature.

exaltata sering menjadi tanaman penutup tanah di lahan gambut. Keberadaannya di area lahan gambut bisa meningkatkan kualitas lahan sehingga menjadi lebih subur. Keberadaannya di alam bebas juga bisa mengurangi risiko erosi, menjaga kelembapan serta temperatur tanah, dan bisa dikendalikan sebagai tanaman yang tidak kompetitif dengan tanaman lain.

Keberadaan N. exaltata juga dapat menyaring udara yang mengandung polutan yang bersifat racun bagi tubuh. Tidak hanya polutan yang berasal dari udara, polutan berbahaya dari plastik, cat, dan bahan pembersih juga bisa terserap oleh tanaman ini. Tentunya, kehadiran tanaman ini bisa membuat udara di sekitar hunian Anda terasa lebih segar.

Baca Juga:  Awas Jangan Sampai Salah, Ini Lokasi yang Bisa Digunakan untuk Menanam Salak

Pakis juga bisa dijadikan sebagai tanaman pot yang ditempatkan di dalam atau luar ruangan. Meskipun manfaat tanaman ini sangat baik, sayangnya masih jarang masyarakat yang mengetahuinya. Biasanya, tanaman ini hanya terkenal sebagai tanaman dekorasi atau komponen bunga buket. Padahal, di balik keindahannya, pakis N. exaltata memiliki fungsi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.


loading...