Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

Pertanianku — Memasuki musim penghujan akan ada banyak nyamuk yang berkembang biak di genangan-genangan air. Keberadaan gerombolan nyamuk ini terbilang cukup berbahaya karena bisa mengganggu kenyamanan tidur dan menimbulkan penyakit. Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan tanaman hias pengusir nyamuk. Beberapa tanaman hias dapat berfungsi mencegah kehadiran nyamuk di sekitar hunian Anda.

Tanaman Hias Pengusir Nyamuk
foto: Pixabay

Tanaman pengusir nyamuk tidak hanya bekerja mengusir nyamuk, tetapi juga berguna sebagai tanaman hias atau dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Berikut ini beberapa tanaman hias pengusir nyamuk yang bagus ditanam di rumah.

Marigold atau kenikir

Marigold selama ini hanya terkenal sebagai tanaman hias dengan bentuk bunga yang indah. Tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini sebenarnya berfungsi mengusir nyamuk. Orang Indonesia lebih mengenal tanaman ini dengan sebutan kenikir. Tanaman ini mampu mengeluarkan aroma yang kurang disukai oleh nyamuk sehingga nyamuk enggan mendekati rumah yang ditanami kenikir atau marigold.

Lavender

Sudah bukan rahasia, lavender memang berkhasiat untuk mengusir nyamuk. Tanaman hias yang memiliki bunga berwarna ungu ini sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan losion pengusir nyamuk.

Zodia

Zodia merupakan tanaman endemik Papua yang ampuh mengusir nyamuk. Anda bisa menggunakan daun zodia untuk diusapkan ke seluruh badan. Tanaman zodia cocok dijadikan tanaman indoor dan outdoor. Zodia mengeluarkan aroma yang kurang disukai oleh serangga dan nyamuk.

Bunga geranium

Bunga geranium lebih sering dikenal sebagai bunga tapak dara. Tanaman ini menghasilkan bunga dengan bentuk kelopak serta variasi warna yang indah. Bunga geranium dapat Anda letakkan di dekat pintu masuk atau di pekarangan rumah. Selain menambah kesan indah pada rumah, bunga geranium dapat mengusir nyamuk untuk tidak mendekat ke rumah.

Baca Juga:  Fakta Unik Buah Nanas

Tanaman rosemary

Rosemary termasuk salah satu tanaman hias di dalam pot yang sering dimanfaatkan sebagai pengusir gangguan hama. Tanaman ini cukup beradaptasi dengan sinar matahari. Rosemary mampu mengeluarkan aroma menyengat yang dapat mengganggu indra penciuman dan daya efektivitas radar nyamuk.