Tanaman Hias Plumeria Pembawa Sensasi Tropis

Pertanianku— Semenjak banyak pehobi yang menggunakan bunga plumeria sebagai tanaman hias, imej bunga kamboja sebagai bunga kuburan perlahan memudar. Banyak orang yang mulai tertarik dengan penampilannya yang indah dan dapat mengeluarkan aroma yang sangat khas.

plumeria
foto: pixabay

Plumeria merupakan tanaman tropis yang sering dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah. Hadirnya bunga ini di pekarangan rumah dapat menghidupkan sensasi tropis di lingkungan rumah. Tanaman ini lebih menyukai area tumbuh yang kering dibandingkan basah. Tanaman hias ini membutuhkan intensitas cahaya yang cukup sekitar 8 jam per hari. Intensitas yang cukup dapat menunjang pertumbuhan tanaman, terutama pada proses inisiasi atau proses pembungaan.

Oleh karena itu, tanaman akan tampak sangat indah pada saat musim kemarau karena dapat berbunga secara optimal. Berbeda pada musim hujan, tanaman tidak bisa menghasilkan bunga secara optimal.

Loading...

Selain memiliki nilai keindahan, tanaman ini sebenarnya menyimpan manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan. Tanaman hias plumeria mengandung beberapa senyawa kimia yang bermanfaat bagi tubuh sehingga bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit tertentu.

Media tanam yang dibutuhkan oleh plumeria tidak terlalu sulit, syarat utama yang harus dipenuhi adalah porositas dengan drainase yang memadai. Media tanam yang memiliki porositas rendah tidak disukai oleh tanaman karena media tersebut dapat menimbulkan kelembapan.

Terdapat beberapa komposisi media tanam yang bisa mendukung pertumbuhan tanaman menjadi lebih optimal. Komposisi media tanam akan ditentukan berdasarkan asal tanaman. Jika tanaman berasal dari benih yang disemai, media penyemaian benih yang dibutuhkan terbuat dari campuran pasir, cocopeat, kompos, dan skema.

Sementara, media tanam yang dibutuhkan untuk asal tanaman yang didapatkan dari setek membutuhkan media yang terdiri atas pasir, kompos, dan sekam. Komposisi tersebut dibutuhkan untuk menjaga drainase media tanam sehingga akar tanaman tidak akan membusuk akibat media tergenang atau lembap.

Baca Juga:  Tanaman Obat Ketumbar Jawa

Untuk tanaman yang berasal dari benih sudah harus diperhatikan pertumbuhan akarnya. Setelah tanaman tumbuh, segera pindahkan dari pot ke lahan agar pertumbuhan akarnya dapat lebih berkembang. Komposisi media tanam yang dibutuhkan untuk penanaman di lahan adalah campuran pasir, kompos sekam, dan tanah.

Sementara, tanaman yang ditanam langsung di tanah, komposisi media tanam yang dibutuhkan adalah sekam, tanah, dan pupuk kandang.

 

Loading...
Loading...