Tanaman Hias Salvia splendens Berkhasiat sebagai Tanaman Obat

Pertanianku — Tanaman salvia atau Salvia splendens Ker. Gawl merupakan tanaman hias yang disenangi karena penampilan bunganya yang menawan. Bunga tanaman hias ini berwarna merah menyala, terlihat kontras dengan daunnya yang berwarna hijau. Salvia juga terkenal dengan nama scarlet sage. Tanaman hias ini banyak terdapat di kawasan Brazil, Mexico, dan Amerika Selatan.

Salvia splendens
foto: Pixabay

Selama ini salvia yang menyukai matahari lebih terkenal sebagai tanaman hias, padahal tanaman yang cantik ini menyimpan berbagai khasiat untuk kesehatan.

Tanaman salvia mengandung saponin, polifenol, dan flavonoid. Tanaman yang berasal dari anggota famili Lamiaceae ini terasa manis dan netral. Salvia berkhasiat sebagai penurun panas. Selain itu, bisu dan luka terpukul, terkilir dan bengkak, serta mulas dan sebah juga bisa ditangani oleh si cantik salvia.

Seluruh bagian tanaman Salvia splendens bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi beragam penyakit. Berikut ini beberapa resep ramuan herbal dari Salvia splendens.

Demam

Siapkan tanaman salvia yang masih segar secukupnya, kemudian tumbuk tanaman hingga menyerupai bubur, lalu tambahkan air. Gunakan bubur salvia untuk mengompres hingga demam reda.

Bisul dan luka terpukul

Siapkan tanaman salvia secukupnya, kemudian cuci hingga bersih. Tumbuk tanaman hingga menyerupai bubur, lalu tambahkan air. Balurkan bubur ramuan pada bagian tubuh yang sakit atau di atas bisul.

Terkilir dan bengkak

Untuk mengatasi terkilir dan bengkak, Anda dapat membuat ramuan bubur tanaman salvia seperti tadi, kemudian tambahkan air. Setelah itu, balurkan ramuan pada bagian tubuh yang sakit atau bagian tubuh yang terkilir dan bengkak.

Perut mulas dan sebah

Serangan mulas dan sebah bisa diatasi dengan menggunakan 5 gram akar salvia segar yang sudah dicuci di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus tanaman dengan dua gelas air hingga mendidih dengan api kecil selama 25 menit. Selanjutnya, diamkan air rebusan hingga suhunya menurun. Setelah dingin, saring air rebusan dan minum sekaligus.

Baca Juga:  Jamu untuk Meningkatkan Bobot Ayam Joper