Tanaman Hias yang Bisa Hidup di Media Air

Pertanianku — Tanaman air merupakan tanaman yang hidupnya di air, tanaman ini membutuhkan lingkungan hidup dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Di antara tanaman hias yang bisa hidup di air, ada tanaman yang menghasilkan bunga yang cantik dan menawan. Berikut ini tanaman hias yang bisa hidup di air.

tanaman hias
foto: pixabay

Teratai mini

Teratai mini (Nympoides indica) juga dikenal sebagai banan plant atau water gentian. Tanaman ini bisa diperbanyak melalui biji atau rimpang. Teratai mini bisa tumbuh subur hingga dedaunannya menutupi seluruh kolam. Oleh karena itu, tanaman ini perlu dilakukan penjarangan. Tanaman butuh dipupuk sebanyak 1 kali per 3 bulan.

Loading...

Bunga tanaman teratai mini berukuran kecil, sekitar 2—3 cm dan berwarna putih, kuning, atau pink. Bunga teratai muncul di ketiak daun dan tumbuh ke permukaan air. Kelopak bunga tanaman berbentuk lancip dan tampak berbulu seperti bergerigi. Tanaman ini sangat cantik untuk menghiasi kolam yang ada di rumah.

Antanan

Antanan atau Viola adorata merupakan tanaman air yang berasal dari famili Violaceae. Tanaman antanan diperbanyak melalui tunas. Pemupukan sebaiknya dilakukan sebanyak 1 kali setiap 4—6 bulan. Pupuk yang digunakan adalah pupuk cair N. Antanan tidak tumbuh selebar teratai mini. Oleh karena itu, penjarangan tidak perlu terlalu sering dilakukan.

Daun tanaman hijau mengilap dan di bagian tengahnya terdapat sedikit kekuningan. Bentuknya bulat dan terlihat bergelombang di sepanjang sisi daun.

Lili air

Lili air atau Zantedeschita aethipica berasal dari famili Araceae. Lili air perlu dipupuk sebanyak 1 kali dalam sebulan dan dilakukan pemisahan anakan secara insidental. Lili air sangat cantik dijadikan tanaman pot, bunga potong, atau dibiarkan tumbuh liar di tepian kolam.

Baca Juga:  Si Buce Kalimantan, Tanaman Air yang Bernilai Mahal di Amerika

Tanaman ini memliki daya tarik pada bunga tanaman yang berwarna putih dan terlihat mencolok di antara dedaunan yang hijau. Bunganya berbentuk corong dengan putik berwarna kuning terang.

Eceng hias

Eceng hias atau Pontederia cordata merupakan tanaman air yang sangat cocok dijadikan daya tarik dari ekosistem kolam. Tanaman ini berasal dari Amerika dan Argentina, eceng hias tumbuh dengan berumpun dan mampu berbunga sepanjang tahun. Bunganya berwarna ungu kebiruan yang tersusun pada tandan dalam satu rangkaian yang menawan.

Loading...
Loading...