Tanaman Hias yang Bisa Menjadi Tanaman Obat

Pertanianku — Sudah tahukah Anda sebagian besar tanaman hias bisa dijadikan tanaman obat untuk mengobati beberapa penyakit tertentu? Tak hanya bentuknya yang indah, tanaman tersebut ternyata mengandung bahan kimia yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini beberapa tanaman hias yang bisa menjadi tanaman obat juga.

tanaman hias
foto: pertanianku

Kumis kucing

Sudah bukan rahasia umum lagi tanaman kumis kucing bisa menjadi tanaman hias sekaligus tanaman obat. Bentuk bunganya yang unik dan berwarna putih sering ditanam oleh masyarakat untuk menghiasi pekarangan rumah. Kumis kucing juga sering dijadikan campuran obat untuk mengobati batu kandung empedu, bengkak kandung kemih, encok, infeksi kandung kemih, keputihan, menghilangkan panas dan lembap karena masuk angin, serta mengatasi kencing batu.

Loading...

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman hias yang kerap ditanam di pot untuk menghiasi beranda rumah. Bentuk yang unik dengan warnanya yang hijau membuat banyak orang menyukainya.

Namun, penggunaan sebagai tanaman hias semakin memudar saat khasiat lidah buaya sudah mulai dilirik untuk dunia kesehatan. Daun lidah buaya bisa mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti luka terbakar atau terkena minyak goreng panas, luka terpukul, luka dalam, serta melembapkan kulit agar terlihat lebih cerah.

Lidah mertua

Tanaman lidah mertua merupakan tanaman hias yang digemari oleh pehobi karena bentuk daunnya yang unik seperti lidah buaya. Nama Latin dari tanaman ini adalah Sanseviera hahnii, tanaman penutup tanah untuk menciptakan kesan natural pada pekarangan. Penggunaannya sebagai tanaman hias masih sangat tinggi, tidak seperti penggunaan lidah buaya sebagai tanaman hias yang sudah ditinggalkan.

Untuk kesehatan, tanaman lidah mertua bisa digunakan untuk mengobati diare, eksim, radang kulit, influenza, batuk, penyubur rambut, radang saluran pernapasan, radang lambung, dan radang usus.

Baca Juga:  Ramuan Herbal untuk Maag yang Mudah Dibuat

Srigading

Tanaman ini berasal dari Asia Selatan, sering dijadikan display plant dan difungsikan sebagai penetralisir bau di taman. Tanaman ini merupakan jenis tanaman perdu tinggi yang berfungsi untuk menambah semarak dan menciptakan kesan dinamis pada taman. Untuk kesehatan, tanaman srigading bisa dimanfaatkan untuk mengobati demam, encok peluruh urine, dan peluruh haid.

Loading...
Loading...