Tanaman Hias yang Dapat Bertahan di Ruangan Ber-AC

Pertanianku — Tidak semua jenis tanaman hias bisa Anda simpan di dalam ruangan, apalagi ruangan ber-AC. Pasalnya, ruangan tersebut memiliki suhu dingin sehingga bisa menyebabkan tanaman kelaparan sehingga warna daun memudar dan layu. Berikut ini beberapa jenis tanaman hias yang cocok untuk disimpan di dalam ruangan yang menggunakan AC.

tanaman hias
foto: Pertanianku

Boston fern

Boston fern cocok menjadi tanaman hias gantung yang cantik dan bisa juga digunakan sebagai pemurni udara alami yang baik. Tanaman ini kuat tumbuh di ruangan dengan suhu dingin.

Aglaonema merah

Aglaonema merupakan salah satu tanaman hias yang sedang digandrungi banyak orang karena memiliki daun yang indah. Warna merah pada daun dengan corak yang indah bisa menambah warna ruangan. Tanaman ini cocok diletakkan di ruangan ber-AC.

Agar aglaonema bisa tetap hidup dengan segar, jangan taruh tanaman terlalu dekat dengan AC. Pilih lokasi yang terkena sinar matahari agar warna daunnya semakin cantik. Tanaman perlu dijemur sebentar di tempat yang teduh untuk mencegah warna daunnya memudar. Tanaman juga perlu disiram secara teratur karena membutuhkan tingkat kelembapan yang tinggi.

Pohon dolar

Tanaman hias dengan daun kecil berbentuk oval ini juga cocok diletakkan di ruangan ber-AC. Perawatannya cukup mudah. Penyiramannya tidak perlu rutin karena pohon dolar tidak menyukai media yang terlalu basah. Berikan pupuk daun secara berkala agar pertumbuhannya optimal.

Pohon dolar menyukai area yang terkena cahaya, baik cahaya lampu maupun cahaya matahari. Jadi, Anda tidak terlalu repot menentukan lokasi yang tepat untuk menyimpan pohon dolar.

Peace lily

Tanaman peace lily dengan bentuk bunganya yang indah bisa Anda letakkan di ruang ber-AC. Tanaman ini bisa tumbuh pada suhu 16°C. Namun, peace lily tidak boleh diletakkan di area yang terkena udara dingin dari AC secara langsung.

Baca Juga:  Gulma yang Berbahaya Bagi Tanaman Karet

Peace lily juga perlu dijemur pada pagi hari di luar ruangan yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Perawatan tanaman ini cukup mudah. Anda hanya perlu memberikan pupuk daun dan bunga setiap dua bulan sekali. Tanaman perlu disiram secara rutin saat udara sedang terasa panas, tetapi jangan sampai air siraman menggenang di pot.