Tanaman Hias yang Tidak Butuh Sinar Matahari

Pertanianku— Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi ketika ingin merawat sebuah tanaman adalah sinar matahari. Kondisi tersebut terkadang menjadi kendala bagi pemilik rumah yang kesulitan mendapatkan sinar matahari secara langsung. Namun, sebenarnya tidak semua jenis tanaman hias membutuhkan sinar matahari secara penuh. Ada beberapa jenis tanaman hias yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari.

tanaman hias
foto: Pixabay

Bleeding heart

Tanaman satu ini dapat hidup dan berkembang di tempat yang teduh dan lingkungan lembap. Untuk menanamnya, Anda harus memiliki tanah yang kaya akan bahan organik. Bleeding heart merupakan salah satu tanaman yang membutuhkan naungan penuh agar dapat tumbuh dengan baik.

Chinese evergreen atau aglaonema

Chinese evergreen atau aglaonema merupakan salah satu tanaman hias yang paling sering dirawat di dalam rumah karena tanaman dapat tumbuh dan bertahan lama dengan kondisi cahaya matahari yang redup. Selain itu, perawatan tanaman ini relatif mudah. Anda hanya perlu memupuk tanaman sekali hingga dua kali dalam setahun sehingga tanaman cukup mudah dirawat oleh pemula.

Fuchsia

Bunga fuchsia memiliki warna-warni yang hidup dan beragam. Warna merah dan merah muda adalah warna yang paling populer untuk bunga ini. Perkembangan terbaik bagi fuchsia adalah tempat teduh dan tidak banyak terkena sinar matahari. Tanaman ini cocok untuk ditanam saat musim semi.

Lidah mertua

Lidah mertua tidak memerlukan perawatan yang begitu rumit. Itu sebabnya tanaman ini sering dijadikan tanaman indoor yang diletakkan di sudut rumah. Daun tanaman memanjang dan runcing dengan warna hijau dan kuning yang khas sehingga membuat penampilannya terlihat semakin cantik di pot kecil dan panjang. Tanaman hanya perlu disiram ketika media tanamnya sudah kering, biasanya penyiraman dilakukan setiap dua hingga tiga minggu sekali.

Baca Juga:  Manfaat Penjarangan untuk Tanaman Jabon

Jacob’s Ladder

Bunga yang mekar di musim semi ini memancarkan cahaya berwarna ungu atau biru. Jacob’s ladder dapat tumbuh di tempat teduh di atas tanah yang lembap dan dingin. Jacob’s ladder merupakan salah satu bunga paling indah yang mampu tumbuh tanpa sinar matahari.