Tanaman Hijau Terbukti Membuat Manusia Lebih Bahagia


Pertanianku – Tanaman memiliki beragam khasiat yang tidak hanya dapat memberikan suasana  segar dan asri pada dekorasi rumah Anda. Menurut sebuah studi, memiliki tanaman di dalam rumah atau di suatu ruangan dapat meningkatkan kesehatan dan kepercayaan diri.

Tanaman Hijau Terbukti Membuat Manusia Lebih Bahagia

Dikutip dari Huffingtonpost, sebuah penelitian, menemukan seorang wanita yang hidup di lingkungan yang kaya akan tanaman hijau memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan orang yang hidup di daerah yang memiliki sedikit tanaman.

Para wanita yang tinggal di lingkungan yang hijau memiliki kemungkinan 34% lebih sedikit meninggal karena penyakit pernapasan, dan 13% lebih sedikit memiliki kemungkinan meninggal karena kanker. Peneliti menyimpulkan, dibalik penyaringan udara yang alami terdapat pada tanaman, kehadiran mereka menambah pengaruh para manusia di sekitarnya untuk beraktivitas di luar dan bersosialisasi serta berolahraga, dua kebiasaan yang memiliki kontribusi penting untuk hidup sehat.

Studi lain menemukan, lingkungan hijau membuat rumah lebih atraktif. Sebuah studi di Philadephia mengatakan rumah dengan lahan hijau lebih banyak memiliki nilai jual 2% lebih tinggi. Selain itu, sebuah penelitian tentang keterkaitan lingkungan hijau dan tindakan kriminal menyatakan, lingkungan rumah dengan lahan hijau mengurangi tingkat terjadinya kriminal dan juga kekerasan.

Membuat lahan hijau di rumah memang membutuhkan perencanaan yang matang dan biaya yang tidak sedikit. Namun, Anda dapat memulai sedikit demi sedikit, seperti meletakkan pot kecil di meja kerja Anda misalnya. Sentuhan hijau pada ruangan kantor juga dapat mengurangi tekanan darah, tingkat stres serta kelelahan pada seseorang.

Baca Juga:  Alasan Kenapa Bunga Edelweis Dilarang Dipetik