Tanaman Indah Kacapiring Sebagai Penyembuh Ajaib


Pertanianku — Gardenia atau kacapiring mungkin merupakan nama tumbuhan yang sering sekali ditemukan di halaman rumah sebagai tanaman hias. Namun, tanaman indah kacapiring ini memiliki nilai komersial untuk dibuat minyak wangi. Sebab, jenis bunga ini memiliki aroma yang sangat harum.

tanaman indah kacapiring
Foto: Google Image

Kacapiring mudah tumbuh di sembarang tempat, baik di daerah dingin maupun panas. Bunganya berukuran besar, indah mirip dengan bunga mawar putih. Daunnya berbentuk oval, tebal, licin dan mengilap pada permukaan telapak daun bagian atasnya.

Tanaman indah ini juga bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit diantaranya diabetes mellitus, sariawan, demam, dan sukar buang air besar. Untuk obat yang diminum, gunakan 30—60 gram akar atau 3—9 gram buah, lalu rebus dan minum airnya. Bila digunakan untuk mengobati diabetes mellitus, cukup rebus daun kacapiring kemudian diminum secara rutin.

Lain halnya ramuan yang digunakan untuk penyembuhan sariawan. Gunakanlah daun kaca piring bersama campuran madu dan gula aren, kemudian dikonsumsi setiap dua hari sekali.

Jika digunakan untuk penyembuhan demam, campur daun kacapiring dengan gula batu untuk kemudian diminum. Sementara, untuk yang sukar buang air besar cukup merebus kacapiring kemudian diminum.

Masyarakat Cina menggunakan bunga dari kacapiring sebagai penambah rasa pada daun teh. Buahnya bisa dimakan dan dapat digunakan sebagai pewarna kuning pada makanan seperti kunyit.

Baca Juga:  Tips Supaya Bunga Aster Selalu Merekah