Tanaman Indigofera, Pakan Terbaik untuk Ternak


Pertanianku — Saat menjalankan sebuah usaha ternak, memperhatikan makanan bermutu menjadi hal yang sangat penting demi kesehatan ternak. Salah satu pakan yang cukup terkenal dan memiliki kualitas terbaik adalah tanaman indigofera.

tanaman indigofera
Foto: Shutterstock

Indigofera merupakan jenis tumbuhan berupa kacang-kacangan. Tanaman ini sebenarnya telah dikenal di Tanah Air sejak abad ke-19, tapi baru satu dasawarsa belakangan mulai dimanfaatkan sebagai pakan hijau yang sangat baik untuk menggemukkan ternak.

Adapun kandungan yang ada pada pakan di antaranya protein, fosfor, dan kalsium. Karena itu, tanaman indigofera menjadi pakan hijau terbaik untuk ternak Anda. Terkait cara pengembangbiakannya, indigofera hanya dapat dibiakkan dari biji-bijian. Artinya, tanaman ini tidak dapat diperbanyak dengan cara setek.

Ciri-ciri tanaman indigofera antara lain memiliki bentuk tegak dengan banyak cabang dan akar tunggang. Warna daunnya hijau terang. Kemudian, saat telah mencapai usia 12 bulan, tanaman ini akan mengeluarkan bunga berwarna ungu. Tinggi tanaman indigofera dapat mencapai 2 meter dengan ukuran diameter batang mulai dari 18 cm hingga 20 cm.

Kandungan indigofera memang sangat baik untuk ternak. Apabila dibandingkan dengan pakan kering, protein pakan hijau lebih tinggi, yaitu sekitar 27 persen. Keunggulan lain yang dimiliki oleh tanaman indigofera ini adalah mudah dibiakkan.

Lahan terbaik untuk pembiakannya sendiri, yakni lahan dengan ketinggian 1—1.800 m dpl. Selain itu, tanaman pakan ternak ini juga dapat tumbuh di lahan basah atau kering.

Anda hanya perlu memastikan bahwa tempat yang akan dijadikan lahan tanam indigofera mendapat sinar matahari cukup. Sebelum menanamnya di lahan, alangkah lebih baik jika Anda menanam biji indigofera pada polibag terlebih dahulu.

Setelah bibit berumur 2—3 bulan, pindahkan tanaman tersebut pada lahan yang telah Anda siapkan. Namun, usahakan membuat gundukan tanah terlebih dahulu agar saat hujan tanaman ini tak terendam air. Untuk masa panennya sendiri, indigofera dapat dipanen setiap 2 sampai 3 bulan sekali dengan menyisakan sekitar 80 cm batangnya.

Baca Juga:  Bioaktif Lidah Buaya Bisa Jadi Alternatif Antibiotik Ayam Petelur
loading...
loading...