Tanaman Ini Bisa Jadi Bahan Minyak Wangi


Pertanianku — Tanaman tak hanya menyejukkan lingkungan, tapi juga memiliki berbagai manfaat lainnya termasuk sebagai bahan minyak wangi. Ada beberapa tanaman yang memiliki bau khas dan menarik untuk dijadikan pengharum ruangan bahkan parfum.

bahan minyak wangi
Foto: Pixabay

Sebenarnya, penggunaan tanaman sebagai bahan wewangian sudah ada sejak dulu. Contohnya saja dupa dan minyak wangi. Keduanya adalah salah satu bukti bahwa tanaman digunakan sebagai wewangian untuk upacara kebudayaan dan ritual keagamaan.

Lalu, tanaman apa saja yang bisa dijadikan sebagai sumber pewangi? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Akar wangi

Sesuai dengan namanya, akar ini memiliki wangi yang cukup menarik. Nama ilmiahnya yaitu Chrysopogon zizanioides. Akar wangi merupakan tanaman sejenis rumput yang berasal dari India. Akar wangi yang sudah dikeringnya biasanya digunakan sebagai pengharum lemari pakaian. Minyak dari akar wangi ini dikenal dengan nama vetiver oil.

  1. Cengkih

Cengkih memiliki nama ilmiah Syzygium aromaticum. Cengkih merupakan tamanan asli Indonesia yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran minuman seperti teh. Selain dijadikan bumbu masak, cengkih juga dijadikan sebagai pestisida alami dan campuran minyak wangi.

Minyak wangi cengkih diperoleh dari bunga, gagang bunga, dan daunnya. Dari ketiga bagian tersebut dapat dihasilkan tiga macam minyak.

  1. Kayu manis

Nama ilmiah kayu manis ini adalah Cinnamomum verum. Minyak yang berasal dari kayu manis dikenal dengan nama cinnamon bark oil.

  1. Daun mint

Tanaman ini banyak digunakan sebagai pewangi pada makanan, minuman, pasta gigi, permen karet, dan parfum.

  1. Sereh

Daun sereh (Cymbopogon nardus) dijadikan minyak sereh atau biasa dikenal dengan java citronella oil. Minyak ini digunakan sebagai pewangi sabun, bahan kosmetik, dan parfum.

  1. Kapulaga sabrang
Baca Juga:  Olahan Minyak Bawang Merah Punya Nilai Ekonomi Tinggi

Kapulaga memiliki nama ilmiah Elettaria cardamomum. Kapulaga adalah jenis rempah yang bisa digunakan pada masakan Asia dan sering pula dimanfaatkan sebagai obat tradisional.  Minyak kapulaga ini dikenal dengan nama cardamom oil dan digunakan sebagai bahan baku minyak wangi. Minyak ini merupakan hasil penyulingan dari serbuk bijinya.

loading...
loading...