Tanaman Juga Bisa Stres, Kenali Faktor Penyebabnya

Pertanianku — Tanaman juga bisa stres seperti manusia dan hewan. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian di Universitas Adelaide yang berhasil menunjukkan fenomena tersebut untuk pertama kalinya. Tanaman stres akan menunjukkan gejala yang tidak normal dan Anda sebagai pemiliknya harus peka terhadap segala perubahan yang terjadi pada tanaman.

tanaman stress
foto: Pixabay

Berikut ini beberapa gejala yang sering muncul pada tanaman yang sedang stres.

  • Tumbuh tinggi dan kurus. Kondisi ini tidak lazim bagi tanaman dan biasanya karena tanaman kekurangan nutrisi. Tanaman akan tumbuh lebih tinggi untuk mencari sinar matahari.
  • Tanaman sedikit berbunga. Meskipun sudah mengeluarkan kuncup-kuncup, bunga yang bermekaran sangat sedikit. Gejala tersebut sering disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan nitrogen.
  • Daun tanaman menguning. Kondisi tersebut sering disebabkan oleh penyiraman yang berlebihan dan pembusukan akar.
  • Daun tanaman hangus, terlihat berwarna kecokelatan dan kering. Gejala ini sering dialami saat tanaman tersengat sinar matahari.
  • Tanaman layu tidak bisa berdiri dengan tegak. Daun tanaman terlihat menyentuh media tanam. Biasanya, layu disebabkan oleh tingkat kelembapan media tanam kurang.
  • Banyak daun tanaman yang berubah menjadi kecokelatan dan layu. Kondisi ini karena tingkat kelembapan di sekitar tanaman kurang.

Stres bisa terjadi karena kebutuhan unsur hara tanaman tidak terpenuhi, mendapatkan terlalu banyak salah satu nutrisi, kondisi lingkungan tidak sesuai dengan kebutuhan tanaman, tanaman yang baru saja melakukan proses repotting, atau tanaman yang baru mengalami perjalanan jarak jauh.

Cara mengatasi tanaman yang stres adalah mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Setelah itu, berikan nutrisi sesuai dengan kebutuhannya. Vitamin B1 termasuk salah satu nutrisi yang dapat menurunkan gejala stres pada tanaman. Vitamin B1 bisa Anda dapatkan dari air cucian beras. Anda juga bisa membeli nutrisi tanaman yang mengandung vitamin di toko pertanian.

Baca Juga:  Media Tumbuh yang Tepat untuk Budidaya Jamur Merang

Selanjutnya, berikan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Misalkan, tanaman senang di daerah yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung, letakkan tanaman tersebut di tempat yang teduh.