Tanaman Lada yang Bagus untuk Dijadikan Bahan Setek

Pertanianku — Perbanyakan tanaman lada secara vegetatif yang terbilang praktis dan efisien adalah setek. Hal ini karena benih yang dihasilkan dapat mewarisi sifat induknya. Namun, bibit setek lada perlu dibuat dengan memerhatikan beberapa hal, yakni asal bahan setek, media penumbuhan setek, dan lingkungan pembibitan.

bibit setek lada
foto: pertanianku

Bahan setek untuk tanaman lada panjat dapat berasal dari cabang/sulur panjat yang tumbuh ke atas dan melekat pada tiang panjatnya. Bahan setek juga bisa diambil dari sulur gantung dan sulur/cabang buah. Setek yang berasal dari sulur/cabang buah akan menghasilkan lada panjat, sedangkan setek yang berasal dari cabang buah akan menghasilkan lada perdu.

Bahan setek dikatakan baik apabila sudah memenuhi beberapa persyaratan. Berikut ini syarat-syarat bahan setek tanaman lada yang baik.

Sudah sedikit berkayu

Bagian tanaman yang sudah sedikit berkayu artinya sudah tidak terlalu muda. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat bagian tersebut cukup tersedia dan tidak terlalu tua sehingga jaringan tanaman belum mengayu. Tingkat ketuaan bahan setek dapat terlihat dari warna kulit batang, yaitu hijau tua hingga hijau kecokelatan.

Tidak kekurangan hara

Bagian yang akan digunakan tidak boleh menunjukkan gejala kekurangan hara, seperti warna daun tidak kekuningan karena kekurangan hara nitrogen. Gejala kekurangan hara lain adalah garis kuning di sekitar tulang daun. Kondisi ini terjadi karena kekurangan magnesium dan sulfur.

Tidak terserang hama dan penyakit

Bahan setek tidak boleh memerlihatkan gejala terserang hama dan penyakit. Serangan tersebut biasanya akan menyebabkan bekas bintik-bintik karena bagian tersebut diisap atau tidak ada bercak nekrosis pada daun.

Berasal dari tanaman yang belum berproduksi

Bahan setek sebaiknya berasal dari tanaman yang belum berproduksi. Biasanya, tanaman tersebut belum berumur tiga tahun dengan umur fisiologi bahan setek sekitar 6—9 bulan. Pohon induk yang digunakan dalam pertumbuhan aktif dan tidak berbunga atau berbuah.

Baca Juga:  Pengendalian Terpadu Penyakit Kerdil Tanaman Lada