Tanaman Leguminosae yang Sering Dikonsumsi

Pertanianku Tanaman leguminosae sering dimanfaatkan untuk menyuburkan tanah. Ada tanaman legume yang bersifat musiman, tetapi ada juga yang bersifat tahunan. Tanaman ini berbatang cukup besar dan sering digunakan sebagai bahan bangunan.

tanaman leguminosae
foto: pertanianku

Mungkin Anda lebih mengenal tanaman legume yang sering dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Padahal, sebenarnya ada beberapa tanaman leguminosae yang sering dikonsumsi oleh manusia. Berikut ini beberapa sayuran yang termasuk famili Leguminosae.

Kacang panjang

Kacang panjang atau Vigna sinensis merupakan tanaman semusim berbentuk perdu. Tanaman ini bersifat memanjat dengan cara menempel benda di sekitarnya. Kacang panjang cukup disukai oleh masyarakat karena rasanya lezat dan gurih. Selain itu, kacang panjang juga mengandung banyak zat gizi, seperti protein, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Kacang panjang termasuk tanaman multifungsi karena bermanfaat sebagai penyubur tanah.

Kacang buncis

Kacang buncis termasuk sayuran polong semusim yang tumbuh merambat. Hampir mirip dengan kacang panjang, yang membedakan hanya kemampuan tanaman untuk bersimbiosis dengan bakteri penambat nitrogen bebas dari udara yang terbilang rendah.

Kacang buncis memiliki rasa yang enak dan gurih. Buncis dapat dijadikan sebagai sumber protein yang mengandung vitamin A, B, dan C. Kandungan nutrisi yang paling tinggi terdapat pada biji tanaman.

Kara

Kara merupakan tanaman berumur panjang karena bisa bertahan lebih dari dua tahun. Kacang kara sangat mudah dibedakan dari jenis kacang-kacangan lainnya. Tanaman ini berbentuk perdu dan bersifat memanjat. Buah kara berwarna putih kekuning-kuningan serta beraroma langu, tetapi rasa tetap segar.

Kacang kara mengandung banyak vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Namun, Anda mesti waspada karena kacang kara mengandung sianida dalam jumlah yang rendah. Tanaman kara beracun bagi ternak kambing.

Baca Juga:  Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

Kecipir

Kecipir merupakan tanaman setahun berbentuk perdu. Biji kecipir merupakan sumber protein nabati yang bagus untuk tubuh. Selain itu, kecipir juga mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Biji tanaman berbentuk bulat dan berwarna kuning, tetapi ketika sudah tua akan berubah warna menjadi kecokelatan dan rasanya menjadi kelat atau getir.

Kara pedang

Kara pedang merupakan tanaman setahun. Buah kara pedang berukuran besar, pipih, dan memanjang. Di dalam biji kara pedang mengandung racun HCN. Kara pedang cukup bagus dijadikan sebagai sumber protein nabati, vitamin B, dan vitamin C.

 

 

 

 

 

 

 


loading...