Tanaman Obat untuk Mengatasi Mimisan

Pertanianku — Kondisi mimisan sering terjadi secara tiba-tiba. Hal ini dapat membuat orang khawatir karena darah keluar dari hidung. Lansia, wanita hamil, pengidap kelainan darah, dan anak-anak rentan mengalami mimisan. Sebenarnya, mimisan tidak begitu berbahaya, tetapi tidak boleh diabaikan. Salah satu solusi mengatasi mimisan adalah dengan menggunakan tanaman obat.

mimisan
foto: Pixabay

Ada beberapa tanaman obat yang dapat Anda andalkan ketika mimisan terjadi. Mulai dari sirih yang sudah sangat terkenal sebagai obat mimisan hingga akar teratai. Berikut ini beberapa tanaman obat untuk mengatasi mimisan.

Daun sirih

Siapkan daun sirih segar secukupnya, lalu tumbuk dan peras dengan sepotong kain kasa. Selanjutnya, sumbat hidung dengan kain kasa yang sudah dibasahi air perasan daun sirih. Pengobatan sebaiknya dilakukan dalam posisi tubuh terbaring.

Daun kangkung

Anda dapat memanfaatkan daun kangkung segar sebanyak 50 gram dan gula merah secukupnya. Daun kangkung yang akan digunakan harus dicuci, lalu dipotong-potong. Setelah itu, tumbuk daun kangkung bersamaan dengan gula merah, lalu seduh hasil tumbukan dengan 1 cangkir air panas. Setelah dingin, saring air seduhan. Ramuan ini dapat diminum secara sekaligus.

Akar alang-alang

Siapkan akar alang-alang segar secukupnya, kemudian cuci akar tersebut hingga bersih dan potong-potong. Selanjutnya, tumbuk dan peras hingga airnya terkumpul 100 cc. Penderita lambung lemah dan banyak kencing sebaiknya tidak mengonsumsi ramuan ini karena dikhawatirkan akan mengalami efek samping yang berbahaya.

Akar teratai

Siapkan akar teratai secukupnya, kemudian cuci bersih. Akar teratai tersebut dapat dibuat menjadi jus. Setelah itu, teteskan air jus akar teratai ke dalam rongga hidung yang sedang mimisan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga:  Konsumsi Salak, Cara Sederhana Turunkan Kolesterol