Tanaman Obat yang Dapat Mengusir Bau Badan Secara Alami

Pertanianku Bau badan sering kali menjadi permasalahan yang dapat menghilangkan kepercayaan diri seseorang karena bau tersebut dapat tercium oleh orang lain. Salah satu penyebab bau badan adalah bakteri Staphylococcus epidermidis yang berukuran sangat kecil. Saat bakteri ini bercampur dengan keringat akan menimbulkan bau kurang sedap. Bau tersebut bisa diusir secara alami dengan menggunakan beberapa tanaman obat seperti di bawah ini.

bau badan
foto: Pixabay

Bunga kecombrang

Bunga kecombrang sering disebut sebagai henjo. Tanaman ini sering diolah menajdi sayuran atau pecel oleh masyarakat Jawa Tengah. Bunga kecombrang ternyata mengandung saponin, flavanoida, dan polifenol yang mampu mengurangi bau. Cara mengonsumsinya cukup mudah, Anda hanya perlu mengukus 100 gram bunga yang sudah diiris tipis menjadi urap hingga matang.

Selain itu, Anda juga bisa menumbuk kecombrang, lalu balurkan pada bagian tubuh yang mengeluarkan bau.

Bunga cengkih

Bunga cengkih mengandung eugenol yang berfungsi sebagai antiseptik sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Cara membuat ramuan herbal ini adalah dengan merebus 3 bunga cengkih ke dalam air hingga mengambang. Setelah itu, minum air rebusan atau oleskan pada bagian tubuh yang dirasa bau.

Akar wangi

Akar wangi mengandung senyawa vetiverol, vetivenil, vetivenal, asam palmitat, asam benzoate, dan vetivene yang dapat mengikat bau dan mengharumkan tubuh. Ramuan herbal dari akar wangi dapat dibuat dengan merendam seikat akar wangi di dalam ember minimal selama 2 jam. Setelah itu, gunakan air rendaman untuk mandi.

Jeruk purut

Jeruk purut yang dicampur dengan rimpang kencur dapat menjadi alternatif untuk menghalau bau badan. Anda hanya cukup mencampurkan kedua bahan tersebut di dalam air, lalu aduk hingga rata dan minum ramuan. Kencur mengandung antibakteri dan cendawan.

Baca Juga:  Khasiat Tanaman Gandapura sebagai Tanaman Obat

Tomat

Bau badan juga bisa diatasi dengan berendam di dalam jus air tomat. Kandungan garam di dalam jus tomat dapat menyesuaikan pH kulit manusia sehingga bau kurang sedap bisa berkurang. Jus air tomat bisa dibuat dengan memblender tiga buah tomat segar dan tambahkan garam, lalu campurkan ramuan ke dalam bak air untuk mandi. Sebaiknya, jangan gunakan sabun mandi atau busa apa pun agar khasiatnya lebih terasa.