Tanaman Obat yang Sangat Bermanfaat Ditanam di Pekarangan

Pertanianku — Anda dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam beberapa tanaman obat yang multifungsi. Tanaman obat tersebut juga bisa digunakan untuk menghias pekarangan sehingga terlihat lebih asri dan indah. Berikut ini beberapa tanaman obat yang sangat bermanfaat apabila Anda tanam di pekarangan rumah.

tanaman obat
foto: Pertanianku

Jeruk nipis

Jeruk nipis termasuk salah satu jenis jeruk yang sangat mudah ditanam, bahkan tanaman dapat tumbuh sendiri tanpa perlu ditanam. Namun, agar pertumbuhannya maksimal dan menghasilkan buah, sebaiknya berikan tanaman tersebut perawatan intensif.

Jeruk nipis mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti kalsium, fosfor, potasium, dan vitamin C. Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengatasi amandel, menghilangkan komedo, obat batuk, dan menghilangkan bau badan.

Rosela

Rosela pada awalnya hanya merupakan tanaman liar yang mudah dijumpai. Namun, sejak khasiat bunganya diungkap, tanaman ini menjadi salah satu tanaman obat. Anda dapat menanam rosela di pekarangan rumah sebagai tanaman hias sekaligus tanaman obat.

Bunga rosela dapat Anda konsumsi secara langsung atau diolah menjadi teh. Teh bunga rosela berkhasiat mengobati luka pada lambung, menyembuhkan demam, mencegah penyakit jantung, dan mengencerkan dahak pada tenggorokan.

Ciplukan

Dahulu ciplukan merupakan tanaman liar yang sangat mudah dijumpai pada pinggiran sungai. Namun tahukah Anda saat ini buah ciplukan sudah ada yang dijual di supermarket dengan nama golden berry. Ciplukan berkhasiat menetralkan racun, meredakan sakit batuk, analgetik, diuretik, kencing manis, dan diabetes melitus.

Sirih

Daun sirih merupakan tanaman merambat yang multifungsi. Daun sirih berkhasiat sebagai antioksidan, antiseptik, dan anti-inflamasi. Di dalam daun sirih terkandung eugenol dan karvakol yang dapat meredakan rasa sakit, menghilangkan bau mulut, dan mengatasi masalah keputihan.

Baca Juga:  Ragam Ramuan Herbal Mentimun untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Kumis kucing

Bunga dari tanaman kumis kucing terbilang indah dan berkhasiat menghilangkan panas dan lembap, infeksi ginjal, peluruh air seni, infeksi kandung kemih, encok, dan sakit kencing batu.

Temulawak

Rimpang temulawak dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat, anti-inflamasi, dan anti hepatoksik. Selain itu, temulawak juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit pinggang, masuk angin, sariawan, menambah nafsu makan, sembelit, dan cacar air.