Tanaman Pengganti Nasi yang Bisa Membuat Kenyang

Pertanianku— Selama ini masyarakat Indonesia sangat mengandalkan nasi sebagai makanan utamanya. Oleh karena itu, ada pernyataan ‘belum makan nasi, belum kenyang’. Padahal, masih ada tanaman-tanaman lain yang bisa diandalkan untuk membuat perut menjadi kenyang. Berikut ini beberapa jenis tanaman pengganti nasi yang bisa Anda pilih.

pengganti nasi
foto: pixabay

Singkong

Singkong sangat mudah didapatkan, bahkan Anda bisa menanamnya sendiri di pekarangan rumah. Singkong kerap dijadikan makanan pokok oleh orang-orang di pedesaan sebagai pengganti nasi. Setiap 1,5 potong singkong seberat 120 gram sama dengan satu porsi nasi seberat 100 gram. Singkong bisa Anda olah menjadi berbagai hidangan lezat dan menggugah selera.

Pisang

Pisang merupakan buah yang sering dikonsumsi dalam keadaan mentah. Selama ini pisang terkenal sebagai sumber nutrisi yang baik bagi tubuh seperti jenis buah-buahan yang baik. Namun, tahukah Anda, dua buah pisang seberat 117 gram setara dengan 1 porsi nasi.

Pisang cocok dikonsumsi oleh seseorang yang sedang diet karena pisang kaya serat dan dapat membuat perut cepat kenyang. Selain itu, buah ini juga bagus menurunkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Sagu

Sagu telah menjadi makanan pokok orang Indonesia Timur, seperti Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara. Salah satu olahan sagu yang cukup terkenal adalah papeda, biasanya papeda dikonsumsi bersama dengan lauk pauk yang berkuah. Tiap 50 gram sagu sama dengan satu porsi nasi.

Kentang

Orang-orang luar negeri sering menggunakan kentang sebagai makanan pokoknya untuk memenuhi kebutuhan energi. Dua buah kentang seberat 210 gram sama dengan 1 porsi nasi.

Talas

Talas mudah dicerna dan daunnya dapat dijadikan sebagai sumber vitamin A dan C. Satu buah umbi talas seberat 125 gram sebanding dengan satu porsi nasi. Umbi talas mengandung rendah lemak, protein, dan serat yang baik untuk tubuh.

Baca Juga:  Trik Memilih Buah Durian yang Baik

Jagung

Untuk mengganti satu porsi nasi, Anda dapat mengonsumsi tiga buah jagung berukuran sedang. Jagung mengandung mineral penting, seperti magnesium, seng, tembaga, besi, dan mangan. Selain itu, jagung juga mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin B kompleks, antioksidan, kalori yang tinggi, dan senyawa kimia lainnya. Rasa jagung yang lezat dapat menambah nafsu makan.