Tanaman Perkebunan yang Berpotensi Mendulang Rupiah

Pertanianku — Budidaya tanaman perkebunan pada umumnya merupakan kegiatan usaha yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang bisa diekspor atau digunakan sebagai bahan baku industri. Bidang usaha ini sudah dilakukan sejak zaman penjajahan Belanda. Perkebunan menjadi salah satu bidang usaha yang bisa menyumbang keuntungan pada perekonomian negara, seperti pada 2012, ekspor komoditas perkebunan mencapai USD 32,48 miliar.

tanaman perkebunan
foto: pertanianku

Hasil panen perkebunan biasanya digunakan sebagai bahan baku industri dalam negeri, seperti minyak goreng, industri ban, sarung tangan, tekstil, biofuel, minuman, dan kosmetik. Tentunya, tanaman perkebunan menjadi sumber penghasilan yang menggiurkan. Berikut ini beberapa tanaman perkebunan yang bisa mendatangkan keuntungan.

Cengkih

Loading...

Bagian tanaman yang bisa dimanfaatkan dari pohon cengkih adalah bunganya. Bunga cengkih biasa digunakan dalam industri rokok dan farmasai. Hingga saat ini cengkih menjadi tanaman perkebunan yang sangat menjanjikan untuk menaikkan pendapatan negara.

Cokelat atau kakao

Siapa yang tidak mengenal cokelat, makanan manis super lezat dan bisa diolah menjadi makanan apa pun membuat nilai jual dari buah cokelat atau kakao cukup tinggi. Selalu ada saja inovasi yang bisa dibuat dari cokelat sehingga permintaannya selalu meningkat.

Kapas

Pohon kapas sering ditemukan tumbuh liar, saat berbuah akan banyak buah kapas putih yang berjatuhan di jalanan. Kapas merupakan salah satu komoditas unggulan yang memiliki prospek cerah karena dibutuhkan dalam industri tekstil. Kapas biasanya diolah menjadi katun dalam bentuk benang atau kain.

Karet

Getah karet merupakan salah satu tanaman perkebunan utama yang dikembangkan di Indonesia. Tak heran, perkebunan karet sangat mudah dijumpai di Indonesia. Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman adalah gumpalan getah karet atau biasa disebut lateks. Banyak industri yang membutuhkan getah karet sebagai bahan baku sehingga membuat permintaan karet terus meningkat.

Baca Juga:  Lokasi yang Berpotensial untuk Menanam Lada

Kayu manis

Kayu manis ummnya dijumpai pada bidang kuliner seperti menjadi bumbu masakan atau hiasan kue. Namun, siapa sangka, tanaman ini termasuk golongan tanaman hutan industri berpotensi dan peluang pasar yang tinggi karena produk dari pohon kayu manis tidak hanya sebatas kulit kayu manis kering. Pohon kayu manis bisa menghasilkan minyak atsiri yang beraroma dan sering dijadikan bahan baku industri kosmetik.

Loading...
Loading...