Tanaman Pestisida Nabati yang Tidak Disukai Tikus

Pertanianku — Hama tikus masih menjadi salah satu permasalahan yang kerap muncul saat proses bertanam. Tikus dapat memakan benih yang sedang disemai hingga buah tanaman. Serangan tikus akan tidak terkendali jika Anda tidak segera melakukan pengendalian. Hama tikus dapat dikendalikan dengan pestisida nabati, pestisida yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan sehingga aman bagi tanaman.

pestisida nabati
foto: Pertanianku

Pestisida nabati cukup murah dan mudah dibuat sendiri sehingga Anda bisa membuat sebanyak yang dibutuhkan. Tanaman tidak akan keracunan dengan pestisida nabati dan tidak menyebabkan resistensi pada jenis hama lainnya.

Namun, Anda harus memahami daya kerja pestisida nabati terbilang cukup lambat. Anda harus melakukan perawatan secara rutin agar hama tikus benar-benar menghilang dari kebun. Selain itu, Anda juga harus memahami bahwa pestisida dari bahan-bahan alami tidak bersifat membunuh, tapi hanya mengusir dan mencegah sehingga hama tidak mau datang mendekat.

Daya simpan pestisida terbilang cukup pendek sehingga Anda perlu membuat sesuai dengan kebutuhan. Jangan diberikan pada siang hari karena larutan pestisida alami ini mudah rusak terkena sinar matahari.

Berikut ini beberapa jenis tanaman pestisida nabati yang bagus digunakan untuk mengusir tikus di kebun.

Jengkol

Kulit bagian luar dan kulit ari jengkol perlu dikupas terlebih dahulu, kemudian rendam di dalam air dengan perbandingan antara jengkol dan air sekitar 1 kg : 10 liter air. Perendaman dilakukan selama 24—36 jam. Perendaman tersebut akan membuat air rendaman jadi berbau sangat menyengat dan bau tersebut tidak disukai oleh tikus.

Air rendaman yang disemprotkan ke tanaman dapat membuat tikus menghindari tanaman. Selain tikus, burung juga enggan mendekat tanaman yang diberikan larutan jengkol.

Pepaya tua

Di dalam buah pepaya terkandung bahan aktif papain yang berfungsi sebagai rodentisida. Anda bisa memanfaatkan buah pepaya tua yang belum masak. Buah dipotong-potong sebesar dadu, lalu diletakkan di wilayah yang biasa dilalui tikus. Anda perlu menggunakan sarung tangan agar telapak tangan tidak bersentuhan langsung dengan buah. Pasalnya, tikus sangat peka dengan bau tangan sehingga enggan untuk datang mendekat ke buah.

Baca Juga:  Asparagus densiflorus, Tanaman Hias Ekor Tupai yang Banyak Digemari

Cabai

Di dalam cabai terkandung minyak atsiri, piperin, dan piperidin yang berfungsi untuk mengganggu selera makan hama. Cara penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu menumbuk cabai hingga halus dan merendamnya selama semalam. Keesokan harinya, saring dan air saringan tersebut dapat digunakan langsung untuk mengusir tikus.