Tanaman Pokem, Sumber Karbohidrat Asal Papua

Pertanianku Tanaman pokem merupakan tanaman serealia yang mirip seperti gandum dan banyak tumbuh di pedalaman papua, terutama di Kabupaten Biak Numfor. Masyarakat setempat juga sering menggunakan tanaman ini sebagai bahan pangan dan menyebutnya sebagai gandum papua.

tanaman pokem
foto: https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/

Dilansir dari berbagai sumber, pada zaman kolonial Belanda, tanaman pokem dijadikan sebagai makanan bagi ibu hamil atau makanan tambahan bagi anak balita. Pada zaman itu pokem digunakan sebagai pengganti talas, ubi jalar, singkong, kacang hijau, sagu, dan beras.

Masyarakat di Pulau Numfor dan Kampung Warkapi Kabupaten Manokwari telah mengenal dan membudidayakan pokem yang sering digunakan sebagai bahan pembuat makanan tradisional. Saat ini pokem sering digunakan oleh penduduk lokal sebagai makanan pokok selain ubi-ubian dan sagu. Tanaman ini sering diolah menjadi bubur, kue, susu, dan es krim.

Pokem dinilai cukup berpotensial untuk dikembangkan untuk memperkuat ketahanan pangan karena mengandung karbohidrat yang dapat berfungsi sebagai pengganti beras, jagung, ubi-ubian, dan sagu. Selain itu, tanaman serealia ini juga mengandung vitamin yang tidak dimiliki oleh tanaman lainnya.

Tanaman ini dapat ditanam pada lahan kering dan tahan terhadap kondisi tergenang. Daya adaptasi tanaman juga terbilang tinggi di lahan marginal. Selain menjadi sumber pangan bagi manusia, tanaman ini juga berpotensi untuk dijadikan pakan ternak.

Pokem memang tidak populer. Tak heran, produktivitas tanaman ini di tingkat petani masih terbilang rendah hanya sekitar 500—550 kg/hektare.

Biasanya, pokem yang baru dipanen akan terasa lebih berat dibanding pokem yang sudah lama disimpan. Hal ini karena kandungan airnya masih banyak. Sementara itu, pokem yang disimpan atau dijemur sudah kehilangan banyak kadar airnya. Pokem yang sudah dijemur juga akan bertahan lama dan tidak mudah busuk. Pokem tersebut bisa digunakan kembali sebagai bibit untuk periode bertanam selanjutnya.

Baca Juga:  Manfaat Sagu sebagai Pengganti Nasi

Menurut penduduk lokal, pokem sebenarnya cukup rumit diolah. Pokem yang akan dibuat menjadi tepung harus dibersihkan terlebih dahulu bulir-bulirnya, kemudian digiling hingga menjadi bubuk tepung. Setelah itu, tepung tanaman serealia tersebut bisa digunakan untuk membuat kue kering.

Jika ingin dibuat menjadi bubur gandum, biji pokem harus dimasak seperti menanak nasi ataupun membuat bubur beras.