Tanaman Rumahan Diburu dan Dibanderol Jutaan Rupiah

Pertanianku — Lidah mertua atau yang di luar negeri diberi nama Snake Plant Care merupakan salah satu tanaman yang diletakkan di dalam rumah. Melansir laman Wikipedia, tanaman rumahan ini memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

tanaman rumahan
Foto: Google Image

Di Jepang, lidah mertua digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan. Jika biasanya tanaman ini akan dijual relatif murah di Indonesia, beda halnya di luar negeri. Melansir situs Amazon, tanaman lidah mertua dijual dengan harga US$84,99 atau sekitar Rp1,2 juta. Harga yang lumayan mahal bukan jika dibandingkan di Indonesia?

Terlepas dari harganya, lidah mertua juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan yakni dapat mengurangi risiko diabetes. Caranya, rebus 25 gram daging lidah mertua dengan 3 gelas air, minum air tersebut 2 kali sehari.

Loading...

Selain itu, lidah mertua juga dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Kita hanya perlu merebus akar lidah mertua sebanyak 27 gram bersama 3 gelas air. Sama seperti sebelumnya, konsumsilah air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari.

Selain lidah mertua, lidah buaya (aloe vera) juga jadi salah satu tanaman rumahan yang memiliki nilai jual tinggi. Lidah buaya sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan. Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Baca Juga:  Cara Membuat Terarium dengan Memanfaatkan Botol Bekas

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida, dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.

Di negara-negara Amerika, Australia, dan Eropa, saat ini lidah buaya juga telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman kesehatan.

Loading...
Loading...