Tanaman Sayur Daun yang Mudah Ditanam di Pekarangan

Pertanianku — Memanfaatkan sisa pekarangan di rumah sebagai tempat untuk bertanam sayur akan membawa berbagai dampak positif, mulai dari menghasilkan sayuran sendiri, tubuh menjadi lebih sehat karena aktif bergerak, memanfaatkan sisa lahan, mereduksi stres, hingga mempercantik tampilan pekarangan. Anda bisa memilih jenis tanaman sayur daun atau buah, atau bahkan menanam keduanya secara polikultur.

tanaman sayur daun
foto; Pertanianku

Untuk Anda yang baru saja memulai bertanam, sebaiknya pilih tanaman sayur daun yang cukup mudah sebagai bahan belajar. Berikut ini beberapa tanaman sayur daun yang mudah dan cocok ditanam di pekarangan.

Seledri

Seledri (Apium graveolens) merupakan tanaman setahun yang berbentuk rumput. Akar tanaman tunggang dengan banyak akar dangkal di sekitarnya. Daun seledri memiliki aroma harum yang spesifik. Seledri dapat tumbuh baik di tanah yang mengandung banyak humus dan pH berkisar 5,0–6,5. Tanaman ini memerlukan kelembapan yang tinggi.

Bawang daun

Bawang daun merupakan tanaman setahun yang berbentuk rumput. Bawang daun menyukai tanah andosol dan tanah lempung berpasir dengan pH sekitar 6,5–7,5. Bawang daun dapat tumbuh subur ketika mendapatkan sinar matahari dengan suhu udara 18–25°C dengan kelembapan tinggi sekitar 60 persen.

Selada

Selada (Lactuca sativa L.) merupakan tanaman semusim yang menyukai tanah gembur dan mengandung banyak air. Namun, selada tidak tahan dengan intensitas curah hujan tinggi, tingkat kelembapan terlalu tinggi, dan digenangi air. Tanaman ini bisa tumbuh baik pada ketinggian sekitar 500–2.000 m dpl. Selada membutuhkan sinar matahari yang cukup dan tempat terbuka dengan suhu rata-rata 15–20°C.

Sawi hijau

Sawi hijau merupakan tanaman semusim yang bisa tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi. Sawi membutuhkan sinar matahari yang cukup tinggi dengan suhu 20–30°C dan kelembapan yang tinggi.

Baca Juga:  Ekspor Bumbu dan Rempah Asal Indonesia Naik 2,95 Persen

Bayam

Bayam bisa tumbuh sepanjang tahun di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1.500 m dpl. Bayam membutuhkan tanah yang subur, berpasir, mengandung banyak bahan organik, lembap, dan pH berkisar 6,0–7,0.

Kangkung

Pasti Anda sudah tidak asing dengan sayuran ini karena kangkung sangat sering ditanam di pekarangan rumah. Kangkung bisa tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1.000 m dpl. Kangkung membutuhkan sinar matahari sedang dengan kelembapan tinggi.