Tanaman Sayur yang Populer Ditanam di Pekarangan

Pertanianku — Ada banyak tanaman sayur yang biasa ditanam di pekarangan dan mampu menghasilkan panen yang melimpah. Salah satu tanaman sayur yang paling sering ditanam di pekarangan adalah cabai. Hal ini dikarenakan mudahnya untuk menumbuhkan pohon cabai dan manfaat cabai yang cukup tinggi. Selain pohon cabai, masih ada beberapa tanaman sayur yang populer ditanam di pekarangan.

tanaman sayur
foto: pixabay

Terung

Terung merupakan tanaman sayur tahunan yang berumur sekitar 3—4 bulan. Tanaman tersebut mudah tumbuh dan beradaptasi dengan baik di daerah tropis seperti Indonesia. Tanaman ini bisa ditanam di polibag/pot ataupun langsung ditanam di lahan tanah. Sebelum ditanam, benih terung perlu disemai terlebih dahulu agar pertumbuhan tanamannya bisa lebih maksimal.

Loading...

Mentimun

Tanaman sayur merambat ini mampu beradaptasi dengan mudah di dataran rendah. Tanaman mentimun membutuhkan ajir sebagai tiang rambatan agar mampu tumbuh dengan baik. Mentimun terbilang rajin berbuah jika dipelihara dengan baik. Buah mentimun bisa dimanfaatkan sebagai lalapan atau sayur campuran.

Tomat

Tomat adalah jenis sayuran yang digemari oleh masyarakat karena bisa menambahkan rasa pada masakan. Tanaman tomat banyak dibudidayakan oleh ibu rumah tangga karena memiliki sosok tanaman yang indah, apalagi pada saat tanaman sedang berbuah. Tomat cocok ditanam di dataran rendah hingga tinggi. Tomat bisa ditanam di polibag/pot ataupun langsung di lahan. Jika Anda bisa memeliharanya, tanaman tomat akan rajin berbuah.

Bayam

Bayam merupakan tanaman yang sangat mudah tumbuh dan cocok ditanam oleh mereka yang baru saja mulai menanam. Tanaman bayam bisa tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi. Bayam sangat mudah ditanam dengan cara apa saja. Berdasarkan warnanya, tanaman bayam terbagi menjadi dua jenis, yaitu bayam merah dan bayam hijau.

Baca Juga:  Jenis-jenis Starterkit Hidroponik yang Mudah Dibongkar Pasang

Seledri

Seledri dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi dan rendah. Tanaman seledri memiliki daun yang berbentuk roset. Daun seledri sering dijadikan sayur campuran untuk menambahkan aroma pada masakan. Selain itu, seledri juga berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. Seledri memiliki daun seperti daun paku yang kering kecil dan bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Loading...
Loading...