Tanaman-tanaman Liar yang Berkhasiat untuk Kesehatan

Pertanianku — Di pekarangan yang kosong tak terurus biasanya akan ditumbuhi tanaman liar yang tidak Anda ketahui, baik namanya maupun manfaatnya. Sebenarnya, ada banyak tanaman yang berkhasiat sebagai obat untuk menjadi pertolongan pertama secara herbal. Hal ini terbukti dari beberapa tanaman liar yang ternyata berkhasiat dan sekarang justru malah diproduksi secara massal seperti rosella.

tanaman liar
foto: http://balittra.litbang.pertanian.go.id/

Agar Anda mengetahui jenis-jenis tanaman liar berkhasiat sebagai obat herbal, berikut ini beberapa tanaman liar yang sebaiknya tidak disia-siakan begitu saja.

Bandotan

Loading...

Tanaman liar ini sangat sering dijumpai tumbuh di antara rumput-rumput liar di tanah kosong. Sosok tanaman ini sangat mudah dijumpai dari bentuk bunganya yang tumbuh di bagian atas tanamannya dengan warna putih keungu-unguan. Bagian yang bisa dimanfaatkan dari bandotan adalah akar dan daun. Daun bandotan mengandung minyak atsiri yang berguna untuk kesehatan.

Penyakit yang bisa disembuhkan dari tanaman ini adalah disentri, diare, dan luka. Namun, tanaman ini mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh sehingga tidak bisa digunakan dalam jangka panjang dan dengan dosis yang tinggi.

Bayam duri

Meskipun bernama bayam, tanaman ini tidak digunakan untuk masakan. Bayam duri biasa digunakan sebagai obat herbal. Tanaman ini sudah cukup terkenal di kalangan herbalis karena memiliki banyak khasiat. Daunnya mengandung amrantin, rutin, spinasterol, hentriakontan, tannin, vitamin A, C, K, dan B6, serta masih banyak kandungan lainnya. Jika tidak mengenali khasiat tanaman ini, orang-orang akan lebih memilih untuk membiarkan atau membabatnya.

Bunga knop

Tanaman herbal ini sering dikenal juga sebagai bunga kancing karena bentuk bunganya seperti kancing. Bunga yang indah dan sering tumbuh liar ini ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan karena mengandung gomphresin I, II, III, V, dan VI, serta amaranthin dan minyak atsiri. Tanaman ini bisa digunakan untuk menyembuhkan asma, luka terpukul, dan koreng.

Baca Juga:  Cara Minum Ramuan Herbal yang Benar

Rumput mutiara

Tanaman ini tumbuh liar di kebun atau tanah kosong yang tidak terurus. Rumput mutiara memiliki bunga berwarna putih sehingga dari kejauhan mirip seperti mutiara. Tanaman ini juga berkhasiat untuk kesehatan karena mengandung dua senyawa aktif, yaitu asam ursolat dan asam ulenolat. Tanaman ini bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti amandel, hepatitis, gondongan, bisul, dan masih banyak lagi.

Masih banyak tanaman liar yang sebenarnya berkhasiat untuk kesehatan. Sangat sayang, potensi kandungan di dalam tanaman tersebut dibiarkan begitu saja. Anda masih bisa mengetahui berbagai jenis tanaman liar ataupun tanaman yang sering dipelihara yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh dalam buku Kitab Tumbuhan Obat yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Dalam buku tersebut terdapat 269 tanaman yang terbukti berkhasiat untuk kesehatan.

Loading...
Loading...