Tanaman-tanaman Sayur Ini Mudah Ditanam di Rumah

Pertanianku— Ada banyak tanaman sayur yang mudah ditanam sendiri di rumah. Hasil panen yang didapatkan bisa digunakan untuk konsumsi pribadi atau dijual sebagai penghasilan tambahan. Selain itu, masih ada banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan dari menanam sayur di pekarangan rumah. Salah satunya, meredakan stres yang sedang dialami. Berikut ini beberapa tanaman sayur yang mudah ditanam sendiri.

tanaman sayur
foto: pertanianku

Kangkung

Sayur daun yang populer di Indonesia ini bisa Anda tanam sendiri di rumah, bahkan bisa menggunakan sisa batang dan akar sayuran yang kamu beli di tukang sayur. Selain mudah ditanam, sayuran ini memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Proses perawatannya juga tidak sulit, kamu hanya perlu memberikan pengairan secara rutin dan pemupukan untuk menunjang kebutuhan unsur hara tanaman.

Loading...

Cabai

Cabai menjadi salah satu sayur buah yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, hingga saat ini harganya masih sangat fluktuatif, bergantung pada kondisi yang sedang dialami. Tanaman semusim ini cukup mudah tumbuh di pekarangan, bahkan bisa tumbuh dari sisa-sisa cabai yang Anda buang ke tanah. Namun, jika ingin lebih serius mengembangkan usaha budidaya cabai dari rumah, sebaiknya gunakan benih yang memang disiapkan untuk menanam.

Mentimun

Mentimun memiliki efek menyegarkan sehingga sering digunakan sebagai sayur lalapan untuk menemani menu makan yang kering atau tanpa kuah. Mentimun mengandung air hingga 95 persen, sayur ini sangat cocok dinikmati pada musim panas untuk membantu tubuh agar tetap terhidrasi. Pohon mentimun terbilang cukup mudah tumbuh. Apalagi, jika rawat secara intensif. Mentimun bisa tumbuh subur di dataran tinggi ataupun dataran rendah.

Bayam

Bayam digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak, lunak dan memiliki banyak manfaat, seperti vitamin A dan C. Bayam mudah ditanam karena bayam bisa tumbuh seperti tanaman liar. Bayam bisa ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi. Oleh karena itu, bayam bisa ditanam di kebun ataupun pekarangan rumah.

Baca Juga:  Tren Urban farming di Asia

Sawi

Sawi merupakan tanaman semusim yang sangat mudah tumbuh ditanam di pekarangan rumah sekalipun. Sawi lebih sering ditanam di dataran rendah dan sangat mudah dirawat. Jenis sawi yang biasa ditanam di daerah agak kering adalah sawi huma.

Loading...
Loading...