Tanaman Turi Bantu Tekan Harga Pakan Hewan Ternak


Pertanianku – Tanaman satu ini memang kurang familiar di telinga masyarakat. Dia-lah tanaman turi. Ternyata tanaman ini dapat diolah menjadi pakan hewan ternak guna menekan biaya produksi yang dikeluarkan untuk membeli pakan hewan ternak. Seperti yang kita ketahui, salah satu biaya produksi terbesar ketika Anda menjalankan usaha peternakan adalah untuk membeli pakannya.

Karena itulah, saat ini tanaman turi banyak dicari oleh para peternak. Bukan tanpa alasan tanaman turi menjadi salah satu bahan pembuatan pakan hewan ternak. Pasalnya, potensi kandungan dalam pohon turi baik untuk ternak ruminansia seperti sapi, kambing, dan domba ataupun non-ruminansia.

Pohon turi memiliki kadar protein kasar yang bagus untuk pertumbuhan ternak sehingga akan membuat ternak cepat gemuk dan produksi meningkat. Meski demikian, pohon turi juga mempunyai sisi negatif yakni mempunyai zat anti-nutrisi untuk ternak. Oleh karenanya, sebelum memberikan pakan ini harus diolah terlebih dahulu.

Dalam hal ini, harus ada cara pengolahan yang tepat agar tidak menjadi boomerang bagi ternak kita. Cara mengolah pohon turi untuk pakan ternak cukup mudah, yakni ambil daun turi yang sudah kering, kemudian giling halus dan campurkan pada pakan ternak.

Tujuan mengambil daun yang kering adalah pakan ternak itu sudah melalui pengeringan yang berarti kadar air berkurang. Di dalam kadar air itu terdapat zat saponin yang berbahaya untuk ternak. Campuran pohon turi untuk pakan ini sebagai konsentrat pengganti bungkil kedelai.

Baca Juga:  Ketahui Kendala yang Bisa Terjadi dalam Beternak Bebek
loading...
loading...