Tanaman Umbi yang Berkhasiat untuk Kesehatan

Pertanianku — Indonesia merupakan negara yang kaya, masih ada banyak tanaman yang belum familiar di masyarakat yang memiliki khasiat. Bahkan, di antaranya ada beberapa tanaman yang sering dikonsumsi sehari-hari. Selain daun, ada beberapa bagian umbi tanaman yang bisa dimanfaatkan. Berikut ini beberapa tanaman umbi yang bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa masalah penyakit.

tanaman umbi
foto: pertanianku

Umbi bawang berlian

Tanaman umbi bawang berlian sudah terkenal sejak 7—10 tahun yang lalu. Bawang berlian sudah terkenal sebagai senjata untuk melawan diabetes dan kanker. Umbi bawang merah dipercaya mengandung senyawa aktif yang bisa mengatasi berbagai macam penyakit, seperti triterpenoid, kuinon, dan naftokuinon. Harga umbi ini terbilang cukup tinggi dengan tingkat permintaan yang tidak pernah surut.

Loading...

Umbi bawang putih dan bawang lanang

Saat ini sudah banyak yang mengetahui khasiat dari bawang putih yang lebih dikenal sebagai bumbu dapur. Bawang putih sering digunakan sebagai penambah aroma dan rasa pada masakan. Dalam dunia kesehatan, bawang putih berkhasiat untuk menurunkan kolesterol yang terkandung di dalam makanan berlemak. Oleh karena itu, bawang putih sering digunakan pada makanan Korea, Cina, dan Jepang yang berlemak.

Umbi bawang merah

Seperti bawang putih, bawang merah lebih dikenal sebagai bumbu masakan yang bisa menambah aroma serta rasa pada masakan. Bawang merah sudah sejak lama dijadikan obat tradisional, biasanya digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Sebenarnya, tidak hanya itu manfaat yang bisa didapatkan dari bawang merah, tetapi sudah digunakan oleh pekerja piramida Mesir untuk menambah stamina.

Bawang bombai

Bawang bombai merupakan penyedap yang berkhasiat untuk menurunkan gula darah dan antikanker. Bawang bombai lebih sering ditemukan di menu-menu makanan Eropa dan Cina. Masih banyak yang belum mengetahui khasiat yang terkandung di dalam umbi bawang bombai. Salah satunya menurunkan kadar gula dan tekanan darah. Selain itu, ada beberapa khasiat lainnya.

Baca Juga:  Sayuran yang Bisa Mengobati Kolesterol

Umbi sarang semut

Umbi ini dikenal sebagai obat untuk paru-paru dan jantung karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Meskipun bernama sarang semut, tanaman ini bukan benar-benar merupakan sarang semut. Umbi sarang semut merupakan tumbuhan epifit yang menempel pada pohon besar di bagian batang bawah.

Umbi bidara upas

Bidara upas sudah terbukti dapat mengatasi penyakit diabetes melitus, menghambat kanker, dan meningkatkan produksi ASI. Bidara upas merupakan tanaman obat Indonesia yang sangat berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Pasalnya, tanaman ini merupakan tanaman langka yang masih jarang dibudidayakan secara intensif.

Masih banyak tanaman umbi lainnya yang berkhasiat untuk kesehatan dan berpotensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat. Dalam buku Umbi Ajaib Tumpas Penyakit terbitan Penebar Swadaya membahas umbi-umbi berkhasiat secara lengkap. Segera hubungi admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut.

 

 

Loading...
Loading...