Tanaman Urang Aring, Si Penyubur Rambut dari Alam


PertaniankuTanaman urang aring mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Tanaman ini populer karena khasiatnya, yakni sebagai penyubur rambut alami dari alam.

Tanaman urang aring
Foto: Google Image

Tanaman urang aring digolongkan sebagai gulma dan tumbuh secara liar. Masyarakat menyebut tanaman ini dengan banyak nama mulai dari te-lenteyan, daun tinta, daun sipat, false daisy, dan juga keremak jantan. Namun, yang paling terkenal ialah nama urang aring.

Tanaman urang aring menyebar di berbagai negara mulai dari Cina, India, Thailand, Brazil, dan Indonesia. Dengan karakteristik tanaman yang mudah tumbuh, urang aring dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi masyarakat karena tanaman ini memiliki banyak khasiat.

Seluruh bagian tanaman urang aring memiliki fungsi tersendiri untuk mengobati berbagai macam penyakit. Urang aring bisa digunakan sebagai obat luar ataupun obat konsumsi. Di industri kosmetik, tanaman urang aring lebih banyak dimanfaatkan sebagai minyak rambut ataupun sampo guna menyuburkan dan membuat rambut hitam.

Bila ada tanaman urang aring di sekitar rumah, maka Anda dapat memanfaatkannya untuk merawat mahkota kesayangan Anda, yaitu rambut agar terlihat hitam dan subur. Lantas, bagaimana cara membuat ramuan tersebut untuk menghitamkan dan menyuburkan rambut?

Caranya sangat sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan tanaman urang aring terlebih dulu. Kemudian, urang aring tersebut diremas-remas di dalam air. Setelah itu, hasilnya bisa Anda oleskan ke seluruh kepala secara merata. Untuk hasil terbaik, sebaiknya Anda mendiamkan kepala yang sudah diolesi remasan urang aring sekitar 5—10 menit.

Setelah itu, bilaslah rambut Anda sampai bersih. Jika Anda rutin menggunakan urang aring untuk keramas, maka rambut Anda akan subur dan hitam mengkilap sebagaimana yang diinginkan.

Selain untuk rambut orang dewasa, remasan urang aring juga kerap digunakan para ibu untuk membilas kepala bayi agar rambutnya bisa tumbuh subur dan hitam. Air remasan urang aring ini bisa dicampurkan dengan minyak kelapa untuk menyuburkan rambut secara optimal.

Baca Juga:  Diet dengan Protein Nabati atau Hewani, Mana yang Lebih Ampuh?

Maka dari itu, jika Anda memiliki lahan yang cukup luas, sediakanlah sebagiannya untuk menanam urang aring, karena tanaman ini cukup mudah ditanam dan cepat tumbuh.

loading...
loading...