Tanaman yang Bisa Menghasilkan Minyak Atsiri

Pertanianku — Ada banyak jenis tanaman aromatik yang bisa menghasilkan minyak atsiri. Tanaman-tanaman tersebut berpotensial dibudidayakan karena bisa menjaga keberlangsungan stok tanaman penghasil minyak atsiri. Berikut ini beberapa tanaman yang bisa menghasilkan minyak atsiri.

minyak atsiri
foto: pixabay

Cengkih

Di Indonesia, cengkih bisa ditanam di berbagai daerah, baik di dataran rendah seperti pantai maupun di dataran tinggi seperti di gunung. Cengkih merupakan tanaman rempah yang biasa digunakan untuk obat tradisional. Cengkih juga bisa menghasilkan minyak yang biasa digunakan sebagai bahan baku industri farmasi dan makanan. Sebenarnya, tanaman ini lebih sering digunakan sebagai bahan baku rokok.

Akar wangi

Tanaman akar wangi bisa menyebar secara liar di negara beriklim tropis dan subtropis. Akar wangi tumbuh subur di ketinggian 1.000—2.000 mdpl dengan produksi yang bisa dihasilkan sebesar 15—30 ton per tahun. Akar wangi sudah bisa dipanen setelah berumur 9—12 bulan. Tanaman akar wangi bisa menghasilkan minak yang biasa disebut dengan vetiver oil. Di Indonesia, sebagian besar produksi akar wangi dilakukan di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Nilam

Nilam merupakan tanaman liar yang bisa dijumpai tumbuh di mana-mana. Bagian tanaman yang bisa menghasilkan minyak adalah daun, ranting, dan batang. Nilam bisa dipanen setiap 2—3 bulan sekali, bagian yang bisa dipanen adalah tiga pasang daun termuda.

Pala

Pala butuh iklim yang stabil untuk tumbuh dan berbuah. Keadaan iklim yang sangat memengaruhi pertumbuhan tanaman adalah curah hujan, angin, dan ketinggian tempat. Pala dikenal sebagai rempah-rempah yang bisa menambahkan aroma pada masakan. Selain itu, biji pala juga bisa menghasilkan minyak atsiri yang sering digunakan untuk berbagai macam industri.

Sirih

Sirih merupakan tanaman merambat yang bisa tumbuh hingga puluhan meter. Sirih terkenal sebagai tanaman obat yang bisa menyembuhkan beberapa macam penyakit. Sirih biasa digunakan oleh masyarakat Jawa untuk nginang. Sirih juga bisa menghasilkan minyak atsiri yang didapakan dari proses penyulingan.

Baca Juga:  Langkah Mudah Budidaya Jamur Merang dalam Ruangan

Mawar

Mawar merupakan bunga hias yang paling mudah dijumpai. Tanaman ini cocok tumbuh di tanah liat berpasir. Minyak mawar sering digunakan sebagai minyak aromaterapi atau parfum.

 

 

 

 

 


loading...