Tanaman yang Bisa Tumbuh Bersama


Pertanianku — Berkebun dikenal sebagai salah satu hobi terbaik manusia sejak awal peradaban. Selama berabad-abad, orang mencoba untuk mengolah berbagai tanaman dan telah melihat bahwa ada banyak tanaman yang bisa tumbuh bersama, juga bermanfaat bagi manusia.

tanaman yang bisa tumbuh bersama
Foto: Pixabay

Jika Anda tidak memiliki cukup ruang di sekitar rumah, bagaimana Anda bisa mendapatkan variasi tanaman konsumsi seperti sayur dan buah? Sebenarnya, ada beberapa tanaman yang bisa tumbuh bersama dengan baik. Tanaman semacam itu bisa dikombinasikan dengan bunga, tumbuhan, atau sayuran lainnya dan bermanfaat untuk mempertahankan kesuburan tanah atau mencegah serangan hama.

Misalnya, kacang dapat ditanam dengan mentimun, atau Anda bisa menanam mint dengan kubis untuk meningkatkan rasa kubis dan masih banyak lagi.

Berikut ini daftar tanaman yang bisa ditanaman secara bersamaan.

  1. Wortel dengan tomat

Tanamlah wortel pada saat Anda menanam tomat. Saat tomat tumbuh ke atas, wortel dewasa memberi ruang bagi akar tomat di bawah tanah sehingga tanaman tomat bisa memiliki cukup nutrisi dari tanah.

2.Rosemary dengan kacang

Bila Anda berencana menanam tanaman yang bisa tumbuh bersama, Anda bisa menggabungkan beberapa tumbuhan dengan tanaman Anda. Rosemary adalah rempah yang bermanfaat dan bisa tumbuh dengan kacang karena melindungi kacang dari serangan kumbang.

  1. Zukini dengan melon

Sayuran seperti itu termasuk dalam kelompok yang sama. Kedua tanaman ini membutuhkan perawatan yang sama. Jadi, Anda bisa menyiapkan jenis tanah yang sama dan menggunakan pupuk yang sama pula untuk keduanya.

  1. Terong dengan lada

Jika Anda pergi ke toko yang menjual bibit, Anda akan menemukan banyak tanaman yang bisa tumbuh bersama. Pilihlah terong dan lada untuk ditanam bersama. Lada memiliki bau menyengat yang bisa mencegah cacing tanduk jelek untuk melahap terong.

  1. Kacang polong dengan kentang
Baca Juga:  Penyakit yang Sering Menyerang Tanaman Sayuran di Musim Hujan

Kacang polong adalah yang terbaik untuk mengisi keseimbangan nitrogen di dalam tanah yang membuatnya subur untuk pertumbuhan kentang. ‘Ribosom’ di akar kacang polong bertanggung jawab untuk itu. Tidak hanya kentang, tapi ada tanaman lain yang bisa tumbuh bersama kacang polong seperti kacang-kacangan, jagung, dan lain-lain.