Tanaman Zodia Berkhasiat Usir Nyamuk


Pertanianku – Tanaman zodia atau bahasa latinnya Evadia suaveolens dipercaya dapat mengusir nyamuk terutama nyamuk Aedes Aegypti, pembawa virus DBD. Biasanya tanaman ini ditanam di pekarangan rumah dan dapat dibudidayakan di pot, daunnya hijau kekuningan, pipih panjang namun lentur dan menyejukkan mata yang memandang. Tinggi tanaman zodia bisa mencapai dua meter. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari, tetapi jika terkena sinar matahari langsung akan mati.

ZODIA TANAMAN ASLI PAPUA AMPUH USIR NYAMUK
worldpress.com

Tanaman zodia pun bisa tumbuh di semak belukar, sehingga tanaman ini mudah dikembang biakkan oleh siapapun. Tanaman zodia juga telah lama dimanfaatkan masyarakat Papua untuk mengusir nyamuk dan serangga serta dapat meminimalisir penyebaran virus DBD.

Tanaman ini berbau khas dan agak menyengat yang tidak disukai nyamuk karena mengandung zat evodia mine dan rutaecarpine yang efektif mengusir nyamuk. Daunnya pun dapat mengusir nyamuk selama enam jam. Daun zodia berkhasiat untuk menghilangkan bentol dan gatalakibat gigitan nyamuk dan serangga.

Zodia mulai dibudidayakan di beberapa tempat karena mudah untuk menanamnya, tanaman ini menjadi alternatif baru untuk menghalau serangga serta dapat memperindah pekarangan rumah. Selain lavender, geranium, dan sereh, sekarang zodia tak kalah ampuh mengusir nyamuk dan serangga. Manfaat lain zodia bisa menghilangkan bau badan, pereda demam malaria, antikanker, sakit kepala, serta menyembuhkan disentri.

Baca Juga:  Lima Makanan Super Ini Terbaik untuk Otak Anda