Tanda-tanda Ikan Cupang Sedang Sakit

Pertanianku — Ikan cupang yang Anda pelihara sewaktu-waktu bisa mengalami sakit. Kondisi tersebut bisa saja disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari serangan virus hingga kesalahan perawatan. Saat ikan cupang sakit, biasanya akan menunjukkan tanda-tanda pada tubuhnya.

ikan cupang sakit
foto: Pixabay

Gejala cupang yang sakit bisa terlihat jelas secara kasat mata. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pemantauan secara rutin terkait kondisi kesehatan ikan agar dapat mendeteksi lebih dini kehadiran penyakit. Pasalnya, ada beberapa jenis penyakit yang tidak boleh dibiarkan begitu saja. Berikut ini beberapa tanda yang perlu Anda waspadai karena bisa jadi merupakan gejala dari kondisi ikan cupang yang tengah sakit.

Warna tubuhnya memudar

Ketika seekor cupang terserang penyakit, warnanya akan terlihat memudar. Bahkan, warnanya bisa lenyap sehingga membuat ikan tampak pucat.

Sirip ikan terlihat tidak utuh

Sirip ikan cupang yang sehat terlihat utuh. Namun, pada cupang yang sakit, Anda akan mendapati sirip yang robek atau berlubang. Pertanda lain yang memperlihatkan bahwa ikan cupang Anda sakit adalah sirip yang tampak menguncup ke bawah. Keadaan tersebut menunjukkan ikan tak mampu menggerakkan sirip dengan benar.

Ikan tampak lesu

Cupang yang sakit akan mengurangi tingkat aktivitasnya. Ikan tidak akan bergerak aktif seperti biasanya. Gerakannya justru melambat. Umumnya, ikan yang sehat akan bergerak aktif, apalagi jika ikan tersebut diberikan rangsangan.

Nafsu makan ikan menurun

Beberapa penyakit menyebabkan ikan cupang malas makan atau nafsu makannya menurun. Jika ikan cupang Anda terlihat enggan menyentuh makanan, bisa jadi sedang sakit.

Bintik pada tubuh

Penyakit yang disebabkan oleh serangan penyakit umumnya menyebabkan bintik pada bagian-bagian tertentu seperti kepala dan tubuh ikan. Bakteri yang umumnya menyerang ikan cupang adalah ich.

Pernapasan ikan

Baca Juga:  Penyakit Velvet, Penyebab Ikan Cupang Berenang Cepat Tak Terarah

Ikan yang sering berada di permukaan dan berusaha menghirup udara bisa menjadi pertanda ikan sedang terserang penyakit.

Menggaruk badan

Jika ikan cupang berusaha menggosokkan tubuhnya ke tepi akuarium, mungkin itu menandakan masalah. Begitu pula jika ikan cupang berusaha menggaruk tanaman atau objek di dalam akuarium, bisa jadi memang sedang diserang penyakit.