Tanda-tanda Induk Kambing akan Melahirkan

Pertanianku  — Induk kambing yang akan melalui proses melahirkan harus dirawat dengan baik, ketika melahirkan dan sesaat setelah melahirkan. Periode ini akan berlangsung sangat singkat tetapi kritis bagi produktivitas seekor induk kambing. Oleh karena itu, induk memerlukan penanganan yang tepat untuk mencegah kematian pada induk dan anak kambing. Persiapan untuk induk kambing melahirkan harus dilakukan dengan baik.

induk kambing melahirkan
foto: pexels

Persiapan yang harus diusahakan adalah tempat yang luas dengan alas yang empuk seperti jerami padi. Persiapan yang bagus dapat mencegah anak kambing terlahir cacat.

Induk yang akan melahirkan biasanya akan ada beberapa tanda-tanda. Oleh karena itu, peternak wajib melakukan pemantauan pada kondisi kambing secara rutin agar bisa memantau gejala-gejala yang sedang dialami.

Loading...

Gejala yang paling mudah diteliti adalah bagian ambing yang terlihat menjadi penuh, mengeras, dan mengilap. Namun, ada juga beberapa induk kambing yang akan melahirkan tidak menunjukkan gejala ambing yang mengeras.

Saat waktu melahirkan semakin dekat, vulva kambing akan terlihat membengkak dan terjadi relaksasi otot di bagian pinggul. Jika induk sudah mengalami hal ini, induk lebih sering berbaring dan berdiri serta gelisah di dalam kandang. Induk terlihat menggesek-gesekkan kaki di lantai dan sering memalingkan kepalanya ke arah bagian belakang tubuh.

Pada bagian vulva juga terlihat mengeluarkan cairan putih, sering mengangkat ekor, dan mengeluarkan suara. Gejala tersebut akan dialami oleh induk selama 12—24 jam. Jika cairan putih yang keluar dari vulva terlihat berubah warna menjadi kemerahan, Anda perlu melakukan pengecekan kesehatan pada kambing.

Tahap terakhir dari gejala melahirkan adalah adanya air ketuban yang keluar melalui vulva. Setelah itu, induk akan membaringkan diri, berdiri, dan berbaring kembali. Hal ini akan terjadi beberapa kali sebelum melahirkan. Anak kambing baru akan keluar setelah 30 menit air ketuban pecah.

Baca Juga:  Kesalahan Manajemen yang Bisa Menyebabkan Itik Sakit

Normalnya, kambing tidak membutuhkan bantuan untuk melahirkan. Namun, ada beberapa kondisi di mana induk membutuhkan bantuan karena proses melahirkannya mengalami gangguan. Anda harus terus memantau setiap perkembangannya untuk mengantisipasi apabila kambing memerlukan bantuan.

 

 

Loading...
Loading...