Tanda-tanda Kelinci Bunting

Pertanianku — Proses perkawinan tidak selamanya dapat membuat kelinci bunting. Oleh karena itu, Anda harus mendeteksi tanda-tanda kebuntingan pada induk kelinci yang baru saja kawin. Deteksi kebuntingan perlu dilakukan sejak dini untuk mengetahui apakah induk benar-benar sedang bunting atau tidak.

kelinci bunting
foto: Pertanianku

Pasalnya, induk yang sedang bunting akan membutuhkan teknik perawatan yang berbeda. Induk perlu menjaga kesehatan sekaligus anak yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu,  induk yang sedang bunting biasanya membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak sehingga Anda perlu meningkatkan pakan, baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Selain itu, induk juga memerlukan kotak sarang untuk persiapan lahiran agar induk dapat melahirkan dengan aman dan nyaman.

Ada beberapa cara mengetahui kelinci bunting atau tidak. Misalnya, dengan menguji perkawinan kembali, memerhatikan bagian perut, dan nafsu makannya.

Menguji perkawinan kembali

Kelinci bunting tidak akan mau dikawini. Oleh karena itu, Anda bisa mengidentifikasi kelinci bunting dengan cara menyatukan kelinci betina dan kelinci jantan yang pernah mengawininya. Pengujian tersebut sudah bisa dilakukan seminggu sejak perkawinan terjadi. Jika betina tidak mau kawin, kemungkinan besar betina tersebut memang sedang bunting.

Mengamati bagian perut

Perut induk kelinci dapat mengalami perubahan setelah dua minggu perkawinan. Raba secara perlahan bagian perut dengan menggunakan ujung jari telunjuk dan ibu jari. Pemijatan dilakukan dari arah depan hingga ke belakang. Jika terasa ada bola-bola kecil (tunas), berarti kelinci sudah bunting.

Peternak yang sudah andal biasanya bisa mendeteksi kebuntingan dengan cara ini lebih awal, yakni saat 7—8 hari setelah perkawinan berlangsung.

Memerhatikan nafsu makan

Bagian perut kelinci yang baru pertama kali bunting biasanya tidak akan terlihat besar meski sudah mendekati waktu melahirkan. Oleh karena itu, untuk mendeteksi bunting atau tidak, Anda bisa memerhatikan nafsu makan induk. Jika nafsu makan induk sedang tinggi dan diikuti dengan ukuran tubuh kelinci yang membesar, kemungkinan besar kelinci sedang bunting.

Baca Juga:  Kiat Sukses Mencegah Burung Puyuh Kanibal

Namun, jika nafsu makan kelinci biasa dan perkembangan tidak bertambah, berarti kelinci tersebut tidak bunting.


loading...