Tanda-tanda Tomat Sudah Bisa Dipanen

PertaniankuPanen tomat menjadi sebuah kebanggaan tersendiri yang sederhana karena tomat tersebut didapatkan setelah merawat tanaman selama 2—3 bulan. Namun, terkadang banyak hobiis pemula yang masih bingung dengan tanda tomat yang sudah bisa dipanen.

panen tomat
foto : Pertanianku

Sebenarnya, tomat dapat dipanen kapan saja saat hobiis membutuhkannya. Tomat sudah bisa dipanen jika secara visual terlihat perubahannya, mulai dari warna, ukuran, daun tua di tangkai buah tersebut sudah mengering, hingga tubuh tanaman sudah terlihat mengering.

Tomat yang bisa dipanen akan mengalami perubahan warna dari hijau menjadi kuning kemerahan. Proses panen sangat mudah dilakukan pada tomat yang sudah masak secara sempurna karena gampang terlepas dari tangkai.

Anda juga bisa menentukan masa panen dengan menghitung umur tomat. Umur tersebut didapatkan dari menghitung jumlah hari setelah bunga mekar. Namun, cara ini jarang digunakan karena penanam seringkali lupa mencatat umur tomat yang tumbuh.

Dari beberapa cara yang disebutkan tadi, petani lebih sering menggunakan cara visual dengan mengamati kondisi fisik buah. Namun, cara ini kurang efektif karena akan memakan waktu yang dibutuhkan untuk mengamati seluruh tomat yang ada di kebun.

Panen bisa dilakukan berdasarkan fase kematangan buah yang terdiri atas tiga tingkatan, yaitu fase hijau masak, fase masak pecah warna, dan fase matang sempurna. Setiap fase tersebut bisa digunakan sebagai patokan panen dengan tujuan tertentu.

Tomat yang dipanen saat masih dalam fase hijau masak biasanya untuk kepentingan pemasaran jarak jauh. Dengan begitu, tomat perlu melalui proses transportasi yang memakan waktu.

Tomat yang dipanen saat fase masak pecah warna untuk buah yang akan dipasarkan ke lokasi yang tidak terlalu jauh atau tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai tujuan.

Baca Juga:  Beras Merah Arumba yang Kaya Antioksidan

Fase matang sempurna merupakan kondisi di mana tomat berwarna merah seutuhnya, tapi tekstur buah belum terlalu lunak. Tomat yang dipanen pada fase ini adalah tomat yang langsung dikonsumsi atau pada industri makanan yang membutuhkan tomat masak.

 

 


loading...