Tandan Pisang Jadikan Es Krim Lembut dan Beku Lebih Lama


Pertanianku — Benarkah tandan pisang bisa menjadikan es krim lebih lembut dan beku lebih lama? Tandan pisang biasanya akan dibuang setelah buahnya diambil.

tandan pisang
Foto: Pixabay

Namun, kini saatnya Anda mengubah kebiasaan itu dan menyimpan tandan pisang untuk membuat es krim.

Menurut para peneliti dari Universidad Pontificia Bolivariana di Kolombia, tandan pisang bermanfaat untuk menjaga es krim agar tidak mudah meleleh.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr. Robin Zuluaga Gallego menemukan hal ini dalam riset kolaborasi bersama peneliti dari University of Guelph di Kanada.

Mereka menghaluskan beberapa tandan pisang dan mengambil selulosa nanofiber (CNF) dari dalamnya, sekumpulan fiber yang ribuan kali lebih tipis daripada rambut manusia.

CNF yang tidak berasa ini, kemudian ditambahkan ke dalam campuran es krim pada konsentrasi antara 0 hingga 0,3 gram per 100 gram es krim untuk diamati efeknya.

Rupanya, CNF membuat sensitivitas es krim terhadap perubahan temperatur berkurang sehingga lebih lambat meleleh dibanding es krim biasa.

Selain itu, CNF juga ditemukan mampu menstabilkan struktur lemak pada es krim rendah lemak sehingga kekentalannya lebih tinggi.

Hal itu membuat tekstur dan tingkat kelembutan es krim rendah lemak hampir sama dengan es krim biasa, walaupun kalorinya lebih rendah.

Dalam National Meeting & Exposition of the American Chemical Society ke-255, para peneliti yang mempresentasikan hasil riset mereka mengusulkan untuk menggunakan CNF sebagai pengganti lemak dalam es krim.

Baca Juga:  Wajib Coba! Vegetarian Pizza untuk Para Vegan
loading...
loading...