Tanpa Disadari Makanan Ini Mengandung Sianida

Pertanianku — Siapa tidak kenal dengan zat yang satu ini? Sejak semakin dikenal karena kemampuannya merenggut nyawa, asam sianida seolah-olah jadi zat yang sangat ditakuti. Padahal, keberadaannya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Tanpa disadari ada beberapa makanan mengandung sianida di sekitar kita.

Singkong

Sudah bukan rahasia jika singkong mengandung banyak asam sianida. Panganan umbi ini tumbuh di dalam tanah. Biasanya, ia diolah dengan cara direbus terlebih dahulu. Jika Anda hendak mengolah singkong, pastikan Anda telah mencucinya dengan bersih.

Loading...

Umbi singkong dapat mengandung zat sianida sebanyak 119,8 ppm per dua gram. Tak hanya pada umbi, sianida pada singkong juga ditemukan di bagian daun. Daun singkong yang juga kerap dikonsumsi ini mengandung sianida sebanyak 149,4 ppm per dua gram.

Keluwek

Bumbu dapur yang satu ini kerap digunakan dalam pembuatan masakan rawon, sayur gabus pucung, dan sebagainya. Rempah ini memang dikenal memiliki kandungan zat berbahaya sianida yang cukup tinggi. Tiap dua gram buah keluwek, dapat ditemukan hingga 135,7 ppm racun sianida tersebut.

Rebung

Bahan baku pembuatan lumpia Semarang ini juga memiliki kandungan zat sianida. Rebung merupakan bagian muda dari tanaman bambu. Selain menjadi isian lumpia, rebung juga biasa dijadikan sayur.

Ditemukan sekitar 119,9 ppm asam sianida dalam 2 gram rebung. Cukup tinggi juga, bukan? Oleh karena itu, penting sekali untuk mencuci bersih rebung yang hendak digunakan untuk konsumsi.

Terung ungu

Jangan terkejut apabila Anda sering mengonsumsi terung ungu. Sayur buah yang biasa dijadikan sayur sampai sambal balado ini ternyata mengandung asam sianida. Tapi, jumlah sianida yang terkandung di dalamnya tidaklah sebanyak pada singkong, keluwek, ataupun rebung.

Baca Juga:  Atasi Asam Urat dengan Daun Binahong

Terung ungu mengandung hanya 27,4 ppm sianida tiap 2 gramnya. Perlunya mencuci bersih dan mengolah terlebih dahulu sayuran yang satu ini bisa mengurangi kadar sianida dalam buah terung.

Tak perlu khawatir jika Anda akan mengonsumsi makanan tersebut. Anda bisa mencuci dan merendam makanan-makanan tersebut sebelum memasaknya lebih lanjut.

Loading...
Loading...