Tape Dripline Irrigation Solusi Baru Dongkrak Produktivitas Hortikultura


PertaniankuT-Tape Dripline Irrigation merupakan sebuah teknologi buatan Australia yang telah digunakan oleh petani di hampir seluruh dunia termasuk Indonesia. T-Tape Dripline Irrigation merupakan suatu alat irigasi yang berfungsi untuk mengairi tanaman produk-produk hortikultura seperti sayuran dan buah-buahan.

Dengan pola tanam dan pola rawat yang tepat T-Tape Dripline Irrigation menjanjikan efisiensi maksimal penggunaan air dan pupuk. Bahkan, dengan menggunakan T-Tape Dripline Irrigation ini dapat menghasilkan pola basahan lebih efektif serta dapat menghasilkan keseragaman pertumbuhan dan hasil panen yang jauh lebih baik.

Ada beberapa produk dari Rivulus Irrigation.

  1. Rivulus S2000 (Micro sprinkler)

Micro sprinkler digunakan sebagai irigasi sprinkler yang biasa diterapkan pada lahan sayuran berjarak rapat seperti selada, wortel, bawang merah, dan lainnya. Bahkan, beberapa buah-buahan seperti alpukat, buah naga, durian, dan lainnya juga bisa mengaplikasikan alat ini. Demikian pula dengan tanaman hias.

  1. Supertif (alat tetes dengan pengatur aliran air)

Alat ini memiliki keunggulan dalam pengaturan dan konsistensi aliran untuk berbagai tingkat tekanan air. Supertif sangat ideal untuk diaplikasikan pada area lahan yang memiliki ketinggian yang beragam.

  1. Rivulus S5000 (Impact sprinkler)

Impact sprinkler dirancang untuk beroperasi dalam berbagai aplikasi irigasi termasuk penyemprotan dari atas, irigasi lahan menyeluruh, dan irigasi di bawah kanopi untuk perkebunan tanaman keras. Alat ini juga terbukti stabil dan menghasilkan pendistribusian siraman air secara merata.

  1. Rivulus F6100 (Screen filter plastic)

Alat ini berfungsi sebagai saringan air yang dapat meningkatkan kapasitas flow rate dan dapat memberi tenggang waktu operasional yang cukup lama untuk melakukan pembilasan.

Pemanfaatan alat ini dalam jaringan irigasi tetes (sprinkler) sangat penting sebagai pertahanan sebelum air mengalir menuju susunan emiter atau lateral, khususnya untuk lahan berskala kecil dan menengah.

Baca Juga:  Robot Pemanggil Walet, Seperti Apa Ya?

“Alat ini bisa dipakai dengan waktu yang cukup panjang, yakni berkisar 3 hingga 5 tahun,” sebut Andi Amarala selaku Marketing and Business Development Manager Rivulis Irrigation, ketika diwawancarai di sela-sela acara Paparan Inovasi Pangan dan Pertanian (On-Farm and Food Innovation Showcase) dari Australia dan Jerman di Jakarta (18/5).

Kelebihan dari T-Tape Dripline Irrigation bisa memberikan penghematan tenaga kerja. Alat ini mampu meminimalisir tenaga kerja yang dibutuhkan hingga sebesar 50%. Selain itu, pupuk yang dihemat sebesar 30% dan juga dapat memacu percepatan pertumbuhan.

loading...
loading...