Tata Cara Budi Daya Kepiting Bakau

Pertanianku – Saat ini permintaan kepiting bakau terus meningkat. Hal ini disebabkan banyaknya restoran yang menyajikan menu kepiting bakau. Bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis budi daya kepiting bakau, terdapat beberapa teknik yang harus dikuasai demi kelancaran bisnis yang akan digeluti.

Tata Cara Budi Daya Kepiting Bakau

Hal pertama adalah pemilihan jenis wadah yang akan digunakan untuk budi daya kepiting bakau. Dengan pemilihan wadah yang sesuai, Anda akan bisa mendapatkan media yang tepat untuk mengembangbiakan budi daya kepiting. Salah satu wadah atau media yang bisa Anda sediakan adalah kotak dari bambu atau kotak plastik. Siapkan kotak dari bambu yang berukuran 2×0,5×0,2 m, kemudian dibagi menjadi dua bagian dan masing-masing diberi tutup.

Loading...

Teknik budi daya kepiting soka membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Ini karena tujuannya adalah memelihara benih kepiting bakau yang beratnya kurang lebih 50 gram hingga nanti mereka menjadi ukuran yang layak untuk dimakan, yaitu 200 gram. Pembudidayaan yang akan dilakukan bisa menggunakan cara yang tradisional agar bisa ekstensif. Tempat budi daya kepiting bakau dapat berupa tambak yang biasanya banyak digunakan oleh orang untuk memelihara udang atau bandeng. Supaya kepiting tidak sampai keluar dari tambak, buatlah kurungan/pagar di sekitar tanggul. Kurungan/pagar dibuat dari bambu yang kuat dan cukup rapat.

Tips dan teknik pakan kepiting bakau

Untuk pemilihan pakan dari kepiting ini, Anda bisa memberikan ikan curah yang harganya cukup murah. Anda juga bisa memanfaatkan binatang pengganggu di sekitar tambak seperti ular atau belut sebagai pakan. Sebelum diberikan ke kepiting, potong-potong kecil terlebih dahulu pakan tersebut. Sebagai informasi, di Filipina dan Malaysia, pakan kepiting bakau berupa ayam, jeroan dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Lokasi yang Cocok untuk Pembenihan Ikan Lele

Memelihara kepiting bakau harus dilakukan dengan sabar dan telaten supaya menghasilkan panen yang maksimal. Jangan lupa untuk menyediakan tempat hidup kepiting bakau (tambak) yang layak agar perkembangan bobotnya bagus. Luas tambak yang dianjurkan adalah 100 m2 sampai dengan 0,5 hektare. Teknik pembibitan yang harus dilakukan adalah menebarkan 2 ekor untuk setiap m2. Tentu saja derajat kehidupan yang dimiliki kepiting juga bergantung dari kepadatan tebar. Ada kemungkinan kepiting akan memangsa temannya sendiri karena kepiting bersifat kanibal. Kepiting besar akan memangsa kepiting yang kecil. Jadi, Anda setidaknya harus menyediakan pagar untuk masing-masing kepiting supaya tidak saling memaksa.

Cara membesarkan kepiting bakau

Untuk bisa melakukan pembesaran kepiting bakau dengan baik, Anda bisa menggunakan wadah berupa kotak yang diapungkan. Setiap kotak diisi dengan seekor kepiting dengan lama penggemukan berkisar 3—4 minggu. Waktu tersebut cukup bagi kepiting bakau untuk bisa tumbuh dan memiliki ukuran 150—200 gram untuk setiap ekornya.

Loading...
Loading...