Tata Cara Budidaya Tomat Costoluto Genovese di Polybag


Pertanianku – Jenis tomat costoluto genovese pasti masih terdengar asing di telinga Anda bukan? Tomat costoluto genovese merupakan salah satu varietas tomat yang memiliki ukuran besar. Diameter tomat ini bisa mencapai 10 cm setiap buahnya. Bentuk dari buah tomat jenis ini adalah bergelombang, tidak beraturan, dan keriting seperti buah tomat belimbing.

Tata Cara Budidaya Tomat Costoluto Genovese di Polybag

Daging tomat costoluto genovese ini tebal dan teksturnya juicy dan berair. Tomat jenis ini memiliki cita rasa yang asam manis khas tomat Italia serta termasuk dalam golongan tomat beefsteak. Tomat jenis ini dapat dibudidayakan dalam pot ataupun polybag. Berikut teknik budiaya tomat costoluto genovese dalam polybag.

Untuk memulai budidaya tomat costoluto genovese, sebelum disemai, benih tomat direndam selama 2 jam dalam air dingin. Semai benih di tray persemaian yang diisi dengan campuran pupuk organik dan tanah dengan perbandingan 1:1. Siram dengan air sampai media semai lembap dan letakkan di tempat teduh.

Benih akan tumbuh setelah 5—7 hari semai dan harus menunggu muncul 5—6 helai daun sebelum dipindahkan ke lahan. Setelah muncul 5—6 helai daun, bibit siap dipindahkan ke dalam polybag. Polybag yang digunakan sebaiknya polybag yang berukuran 35 × 35 cm atau lebih besar, agar pertumbuhan akar dan simpanan air dalam media tanam nantinya cukup untuk menjamin pertumbuhan tanaman.

Polybag diisi dengan campuran tanah dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1. Usahakan tidak terlalu penuh mengisinya, agar terdapat ruang untuk melakukan pembubunan nantinya.

Gunakan pencungkil untuk memindahkan tray semai ke dalam polybag agar perakaran tidak rusak dan tanaman tidak layu setelah dipindahkan.

Setelah tanaman dipindah ke dalam polybag, beri pengairan yang teratur, pasang ajir dan lakukan pemangkasan/prunning untuk tunas-tunas baru di bagian bawah serta daun yang sudah menguning. Jangan lupa menambahkan media tanamam serta pupuk organik ketika tanaman mulai kelihatan akarnya, ini disebut pembubunan.

Baca Juga:  Ribuan Hektar Sawah di DIY Terdampak Bencana Siklon Tropis

Setelah bunga pertama muncul, bersihkan semua tunas baru dan daun yang tua di bawah bunga. Dengan begitu, pertumbuhan bunga baik dan iklim mikro sekitar tanaman cocok untuk proses pembungaan dan pembentukan buah. Ketika buah sudah mulai terbentuk, lakukan pemupukan dengan pupuk organik 5 hari sekali hingga cabai siap dipanen.

Itulah tata cara budidaya tomat costoluto genovese di polybag. Cukup mudah melakukannya bukan? Jika Anda tertarik untuk membudidayakannya, silakan mencobanya sekarang. Selamat bercocok tanam!

loading...
loading...