Tata Cara Menanam Bunga Mawar dari Biji


Pertanianku – Bunga mawar merupakan salah satu tanaman hias yang sangat indah. Bunga ini identik sebagai lambang ungkapan kasih sayang untuk orang yang kita cintai. Bahkan, karena keindahannya, bunga mawar banyak ditanam di rumah. Bunga mawar pun memiliki aroma harum. Mencium bunga mawar akan menciptakan perasaan tenteram.

Tata Cara Menanam Bunga Mawar dari Biji

Mawar sendiri ada berbagai macam warna dan jenis. Pada dasarnya menanam bunga mawar sangatlah mudah. Salah satu cara menanam bunga mawar menggunakan biji. Berikut cara mudah menanam bunga mawar dari biji.

Persiapan alat untuk menanam bunga mawar:

  • Biji mawar
  • Air
  • Vermiculite
  • Pupuk kompos
  • Pot berlubang

Cara menanam:

Untuk mulai menanam, pertama rendam biji mawar dalam air dan diamkan selama 24 jam. Selanjutnya, tanam biji mawar sedalam 1/2 inci (1,5cm) di media tanam (50% vermiculite dan 50% pupuk kompos) yang sudah diletakkan dalam pot kecil berlubang agar air berlebih dapat mengalir.

Untuk menanam bunga mawar dengan biji, taburi biji mawar dengan Rootone Root Starter/fungisida captan 50% sedikit saja, kemudian tutup kembali dengan media tanam. Jangan lupa sirami tanaman secara teratur dan kontrol selalu pertumbuhannya. Anda bisa meletakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Setelah 6 minggu, biji mawar akan mulai berkecambah. Ketika tingginya mencapai 7,5—10cm, pindahkan ke pot yang lebih besar atau ke pekarangan rumah.

Baca Juga:  Hebat! Terrarium Mampu Menyerap Polutan dalam Ruangan
loading...
loading...