Taukah Kalian Bahwa Berenang Baik Untuk Anjing


Pertanianku – Kebanyakan hobiis mengolahragakan anjingnya dengan berlari. Tahukah Anda jika olahraga ini dapat menimbulkan cedera pada anjing? Teorinya begini, sewaktu anjing berlari di aspal atau lapangan rumput, persendiannya akan bekerja keras untuk menahan beban tubuh berlipat ganda. Hal ini juga dialami oleh atlet sepak bola, pelari, basket, dansebagainya. Mereka cenderung mengalami  cedera pada otot dan persendian kaki.

Melatih Anak Anjing Buang Air

Ada cara lain untuk menghindari cederapada anjing, yaitu dengan mengajaknya berenang. Olahraga ini cenderung lebih aman bagi otot dan persendian karena sendi pada kaki tidak menahan beban tubuh. Berenang selama 5 menit sama dengan berlari sejauh 8 km. Selain sebagai olahraga untuk membakar lemak, berenang dapat meningkatkan fungsi kerja paru-paru dan jantung. Ketika berenang, bagian dada anjing mendapat tekanan dari air sehingga memaksa anjing untuk bernapas dengan beban sehingga otot-otot bagian pernapasan akan terbentuk dengan baik dan sempurna.

Berenang secara teratur juga dipakai untuk terapi pada anjing yang mengalami sakit atau cedera. Terapi ini dinamakan hydrotherapy dan sering diterapkan pada anjing yang mengalami sakit atau cedera pada bagian kaki. Anjing yang mengalami patah tulang bagian kaki atau cedera berat pada otot biasanya memerlukan waktu yang cukup lama  untuk beristirahat. Setelah sembuh, anjing harus menjalani terapi ini agar dapat berjalan dengan baik seperti sediakala. Selain patah tulang, anjing yang menderita hip dysplasia (HD), yaitu formasi persendian pangkal paha (hip joint) yang tidak baik sangat dianjurkan untuk diberikan hydrotherapy.

Untuk anjing yang sehat, berenang dapat meningkatkan stamina tubuh tanpa memerlukan waktu yang lama. Walaupun anjing Anda sudah terbiasa dengan olahraga rutin sebaiknya diberikan perkenalan terlebih dahulu pada saat pertama kali latihan renang ini. Untuk anjing yang suka dengan air, hal ini akan lebih mudah, tetapi untuk anjing yang belum pernah bermain di dalam air akan butuh waktu untuk mencobanya. Untuk permulaan cukup 2 menit setiap latihan selama satu minggu. Setelah itu waktu latihan dapat ditambah secara bertahap. Walaupun latihan ini hanya sebentar jangan menambah latihan karena tenaga anjing sudah terkuras. Anjing akan memerlukan waktu untuk mengembalikan tenaganya yang hilang akibat berenang.

 

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

 

loading...
loading...