Taukah Kalian Bahwa Jagung Manis Banyak Dicari?


Pertanianku –  Prospek jagung manis cukup bagus sebagai bahan baku industri, misalnya bahan dasar pembuatan sirup, gula jagung, pati jagung (maizena), minuman sari jagung manis, susu, dan berbagai produk lainnya. Selain itu, jagung manis umumnya dikonsumsi sebagai jagung rebus atau jagung kukus (steam) dengan atau tanpa diberi bahan lain (berbagai rasa dan aroma), terutama bagi masyarakat di kota-kota besar.

Karakter Unggul Jagung Manis

Jagung manis dikonsumsi dalam bentuk jagung muda. Rasa manis dan enak disebabkan oleh kandungan gula yang tinggi. Permintaan jagung manis semakin meningkat seiring dengan munculnya pasar swalayan, hotel, dan restauran di kota-kota besar. Selain itu, prospek pasar luar negeri pun masih terbuka. Kebutuhan jagung manis untuk konsumsi terus meningkat terutama di daerah perkotaan dan daerah pinggiran perkotaan yang mendukung pariwisata.

Di beberapa pasar lokal, permintaan terhadap jagung manis terus meningkat dan dapat mencapai 1—1,5 ton/hari. Di wilayah Jakarta dan Batam bahkan bisa mencapai lebih dari 1,5 ton/hari. Permintaan jagung manis terus meningkat, baik permintaan dalam negeri maupun untuk ekspor ke luar negeri. Selain untuk konsumsi dan bahan baku industri, pengembangan bioetanol membawa dampak pada peningkatan kebutuhan jagung dunia. Peningkatan permintaan pasar jagung manis juga disebabkan adanya perbaikan kadar gula dari varietas-varietas jagung manis. Adanya peningkatan kadar gula karena hasil dari perbaikan gengen yang menyebabkan rasa manis.

 

Sumber: Buku Jagung Manis

 

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit
loading...
loading...