Teh Bunga Telang, Berwarna Biru Unik dan Berkhasiat


Pertanianku — Bunga telang (Clitoria ternatea) berbentuk serupa klitoris. Ternyata, rasanya menyegarkan saat diolah jadi minuman, serta berkhasiat. Di Indonesia dan di negeri jiran, minuman ini disebut teh bunga telang. Sementara, di Thailand, minuman berwarna biru ini dinamai nam dok anchan.

teh bunga telang
Foto: Google Image

Ketiga negara di Asia Tenggara tersebut mengenal teh bunga telang sebagai minuman herbal. Pasalnya, tanaman rambat yang kerap tumbuh liar ini diyakini dapat membantu menjaga kesehatan. Seduhan bunga telang dipercaya dapat membersihkan darah dan meningkatkan kesuburan perempuan. Akan tetapi, belum ada penelitian ilmiah yang membenarkan hal tersebut.

Sebagai minuman, ada yang menyeduh petikan bunganya dengan air panas. Ada pula yang mengeringkannya terlebih dahulu sebelum dibuat menjadi minuman.

Cukup pilih dua sampai tiga kuntum, seduh dengan air panas, dan diamkan selama 10 menit. Soal rasa, teh bunga dengan lebar sekitar tiga sentimeter ini tidak jauh berbeda dengan rasa teh hijau ala Jepang. Ringan, cenderung manis, dan beraroma bunga kuat.

Selain rasa, warna juga jadi salah satu alasan sebagian orang menggemari racikan teh bunga telang. Sebab, warnanya yang biru terang bisa berubah sesuai campuran yang digunakan. Misal, saat dicampur perasan air lemon yang kekuningan, biru pun larut bersamanya dan berubah jadi keunguan. Anda juga dapat bereksperimen dengan campuran warna lain untuk mendapatkan hasil beragam.

Teh ini terbukti mencegah dan membantu memerangi obesitas serta kelainan yang berhubungan dengan metabolisme tubuh. Teh bunga telang juga memiliki fungsi mencegah glikasi yang bisa menyebabkan penuaan dini, anti-inflamasi, mengatasi kelelahan, meningkatkan vitalitas, dan meringankan rasa sakit.

Tak mengherankan jika teh bunga telang juga populer sebagai minuman kesehatan di negara Barat, salah satunya Inggris. Di negeri Ratu Elizabeth ini, teh biru sedang naik daun dan dijuluki sebagai magical tea.

Selain digunakan sebagai racikan minuman, bunga telang juga digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan. Masyarakat di Kelantan kerap menggunakannya sebagai pewarna nasi kerabu atau pulut (ketan). Di Thailand, ada yang berkreasi mencipta latte dan macchiato dengan campuran bunga telang.

Baca Juga:  Makanan Pembersih Lemak Hati Ini Penting untuk Anda Konsumsi