Teknik Bertanam Sayuran yang Cocok di Perkotaan

Pertanianku — Bertanam sayuran di perkotaan memang membutuhkan keterampilan khusus. Pasalnya, di perkotaan cukup sulit mendapatkan lahan untuk bertanam. Saat ini sudah banyak teknik bertanam sayuran yang bisa diimplementasikan di perkotaan, mulai dari hidroponik, aeroponik, hingga akuaponik. Teknik bertanam yang paling sering digunakan adalah hidroponik.

bertanam sayur
foto: Pertanianku

Hidroponik merupakan budidaya atau menanam dengan memanfaatkan air tanpa media tanah. Selain cara budidayanya yang relatif mudah dibanding konvensional, hidroponik juga dapat dilakukan di lahan sempit.

Hidroponik juga memiliki beberapa kelebihan, di antaranya menghasilkan panen yang bernilai ekonomi cukup tinggi. Oleh karena itu, kegiatan bertanam tak hanya mampu memenuhi kebutuhan pribadi, tetapi juga menjadi sumber pemasukan tambahan yang bisa dilakukan di pekarangan rumah.

Saat ini eksistensi bisnis hidroponik masih terbilang bagus. Apalagi, jika kegiatan bertanam dilakukan secara organik, hasil panen yang didapatkan akan lebih menarik perhatian konsumen, mengingat saat ini makin banyak orang yang tertarik dengan bahan pangan yang sehat.

Teknik hidroponik dapat memudahkan Anda merawat tanaman. Hal ini karena tanaman lebih terjamin dan terlindungi dari serangan hama dan penyakit. Meskipun, tak menutup kemungkinan tanaman bisa terserang hama dan penyakit bila tanaman tidak dirawat dengan benar.

Saat ini sudah banyak model hidroponik yang bisa digunakan. Anda bisa memilih model tersebut sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Buku 12 Hidroponik Starter membahas 12 jenis hidroponik yang bisa Anda gunakan, mulai dari teknik aplikasi, kelebihan dan kekurangannya, hingga cara membuat. Buku ini cocok untuk Anda yang baru saja mulai tertarik bertanam hidroponik.

Buku 12 Hidroponik Starter bisa didapatkan dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau Shopee Mall Penebar Swadaya.

Tanaman sayuran yang berpotensial untuk dibudidayakan di perkotaan dengan sistem hidroponik adalah tanaman sayuran daun, sayuran buah, dan buah-buahan. Jenis sayuran yang paling diburu, yakni cabai timun, kol, selada, tomat.

Sayuran hijau dianggap memiliki peminat yang lebih banyak, seperti kangkung, bayam, dan caisim. Adapun untuk jenis tanaman buah yang paling dicari antara lain semangka, melon, pepaya, dan anggur.