Teknik Bertanam Tomat Menggunakan Potongan Batangnya

Pertanianku — Umumnya, menanam tomat dilakukan dengan menyemai bijinya. Namun, pernahkah Anda berpikir untuk bertanam tomat menggunakan potongan batangnya?

bertanam tomat menggunakan potongan batangnya
Foto: Pixabay

Teknik memperbanyak tanaman dengan memotong batang, kemudian menanam potongan tersebut sudah dikenal luas oleh para pencinta tanaman hias. Nah, kini teknik menanam potongan batang ini dapat digunakan pada sayuran juga.

Menariknya, bagi Anda yang tidak memiliki lahan berkebun yang cukup, Anda pun dapat menanam tomat dari potongan batang ini di pot. Selain itu, cara budidaya tomat dari potongan batang ini merupakan cara yang sangat baik untuk mendapatkan kualitas tomat yang sama atau identik dengan tanaman tomat induknya.

Loading...

Pertama-tama, Anda harus memilih induk tanaman tomat yang sehat dengan hasil panen yang baik, buahnya manis, serta lebat. Carilah cabang tomat di pertengahan tanaman, kemudian potong cabang tomat menggunakan gunting atau pisau yang tajam. Buang semua bunga atau kuncup bunga dan sisakan hanya 2 helai daun.

Selanjutnya, celupkan batang tomat ke dalam gelas atau botol yang berisi air. Anda juga dapat menanamnya langsung di dalam pot yang berisi media tanam. Buatlah lubang untuk memudahkan Anda dalam membenamkan batang tomat. Jagalah kelembapan tanaman dan media tanam, lalu simpanlah di tempat yang hangat tapi tidak terkena cahaya matahari langsung selama proses penumbuhan akar.

Jika Anda menggunakan air sebagai media untuk menumbuhkan akar tomat, setelah akar-akar baru terbentuk, yaitu sekitar seminggu, pindahkan tanaman dan tanamlah tomat di media tanam yang sesuai. Namun jika Anda langsung menaman potongan batang tomat itu ke dalam tanah atau media tanam lainnya, setelah 2 minggu Anda dapat memindahkan ke pot yang lebih besar.

Baca Juga:  Tips Agar Tanaman Hidroponik Tumbuh Optimal
Loading...
Loading...